Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 4 Juni 2014

Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Mungkin banyak dari kita yang sebenarnya belum tahu cara membersihkan telingan dengan benar. Soalnya telinga memang jadi bagian tubuh yang terkadang luput dari perhatian kita dalam soal kebersihan. Padahal penting lho punya telinga yang bersih, tapi jangan juga berlebihan dalam membersihkannya karena justru bisa jadi berabahaya. Biar enggak salah langkah, yuk simak cara membersihkan telingan dengan benar ini.

 

Daun telinga

Cara membersihkan telingan dengan benar dimulai dari membersihkan daun telinga. Basahi kapas atau kain bersih dengan air hangat yang dicampur dengan baby oil. Bersihkan daun telinga secara seksama dengan perlahan. Bisa juga cuma memakai baby oil dan kapas. Lakukan seenggaknya dua hari sekali.

 

Lubang telinga

Jangan terlalu sering membersihkan bagian lubang telinga karena kotoran telinga sendiri sebenarnya bermanfaat untuk mencegah masuknya serangga-serangga kecil. Membersihkan telinga terlalu sering juga bisa bikin kelenjar minyak yang berfungsi mencegah masuknya kotoran dari luar jadi mengeluarkan minyak berlebihan. Jangan juga membersihkan dan mengorek liang telinga terlalu dalam menggunakan cotton bud. Soalnya hal ini justru malah cenderung mendorong kotoran untuk menumpuk di dalam dan bisa jadi melukai gendang telinga.

 

Kalau telingan kita terasa gatal, gunakan cairan khusus pembersih yang bisa kita dapatkan di apotek. Setelah diteteskan, cairan itu akan mengeras dan kotoran akan keluar dengan sendirinya. Atau gunakan kapas yang sudah decelupkan pada air hangat, peras lalu pelintir hingga membentuk kerucut, lalu bersihkan bagian dalam liang telingan yang gatal dengan kapas itu.

 

Cara memberishkan telinga yang benar menggunakan cotton bud adalah dengan cara mengorek jangan mendorong. Lebih baik menggunakan cotton bud yang ujung berentuk kali agar kotoran lebih mudah terangkat. Jangan memakai logam untuk membersihkan bagian dalam liang telinga.

 

Kalau bagian dalam liang telinga bisa dibersihkan dengan membiarkan air masuk ke dalam liang saat mandi lalu miringkan kepala untuk membuangnya. Tapi air yang digunakan wajib air hangat. Demikian menurut Brett Levine, MD, spesialis THT di Torrance, California.

 

Kalau ada kotoran yang mengeras di dalam liang telinga, periksakan ke dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Biasanya dokter akan memberi kita obat tetes berupa cairan karbon gliserin 10% yang akan memecahkna kotoran itu sehingga mudah dikorek keluar.


Selain tips cara membersihkan telinga dengan benar tadi, simak juga tip membersihkan wajah dengan baik di sini juga cara membersihkan komedo di sini ya!

 

(aisha, foto: adabasini.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN