Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan

Published by : Marti Posted on : Selasa, 9 Desember 2014

Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan

Kalau ada yang mengatakan bahwa tanda-tanda kehamilan itu hampir sama tandanya seperti ketika kita mengalami PMS, itu benar adanya. Maka itu jadi penting bagi kita untuk bisa membedakan apa saja ciri-ciri PMS dan kehamilan. Jangan sampai kita enggak tahu cara membedakannya, lho.

 

 

Sakit di bagian payudara

Kita pasti sudah akrab dengan symptom yang satu ini kalau menjelang masa-masa menstruasi. Ternyata rasa sakit di bagian payudara juga bisa dirasakan ketika seorang perempuan sedang hamil di awal-awal. Perbedaannya adalah kalau sakit di bagian payudara karena PMS, sakitnya hanya sementara. Tapi kalau karena hamil, sakit di bagian payudara bisa sampai berminggu-minggu. Hal ini disebabkan oleh hormone progesterone yang terus meningkat.

 

 

Baca juga: Kenali Bentuk-bentuk Payudara


Terdapat 'spot' seperti awal PMS

Banyak perempuan yang menyangka kalau ada bercak di bagian celana dalam mereka adalah sekedar tanda menstruasi saja. Padahal itu juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Bedanya, kalau itu sekedar tanda menstruasi, bercak itu akan dilanjutkan dengan keluarnya cairan menstruasi (darah) yang lebih banyak. Tapi kalau hamil, biasanya bercak itu hanya keluar untuk beberapa hari saja.

 

 

Kram perut

Sama seperti ketika perempuan sedang PMS, rasa kram di perut pasti juga dirasakan ketika hamil. Bedanya adalah lamanya rasa kram perut tersebut. Kalau disebabkan oleh PMS, kram perut hanya berlangsung sebentar. Namun kalau disebabkan oleh kehamilan, rasa kram bisa lebih lama, antara beberapa minggu bahkan beberapa bulan.

 

 

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Gejala PMS

 

Lebih cepat mengantuk

Ketika PMS, kita akan merasa lebih cepat mengantuk karena hormon tubuh yang sedang tidak stabil. Hal ini juga terjadi ketika seorang perempuan sedang hamil. Hanya saja bedanya rasa kantuk yang menyerang itu lebih berat lagi dari biasanya. Mereka bisa diserang rasa kantuk kapan saja dan di mana saja.

 

 

Mual dan muntah

Beberapa perempuan langsung mengira bahwa dirinya hamil ketika merasakan mual, apalagi kalau sampai muntah. Memang, sih, mual dan muntah adalah salah dua dari tanda kehamilan, tapi kita enggak bisa menentukan hanya berdasarkan satu symptom saja. Dan pada kenyataannya, rasa mual dan muntah juga bisa dialami ketika kita sedang PMS. Jadi kalau kita memang tidak melakukan hubungan seks, kita enggak perlu khawatir.

 

 

Ngidam

Tahu enggak kalau ternyata kita bisa ngerasain rasanya ngidam ketika PMS? Jadi bukan cuma perempuan hamil aja yang bisa merasakan pengin makan makanan tertentu. Tapi rasa kepenginnya enggak sebesar ketika seorang perempuan hamil. Ngidam karena PMS hanya seputar ingin makan makanan yang manis atau makan favorit. Sedangkan ketika hamil, seorang vegetarian pun bisa berubah jadi pemakan daging karena ngidam.

 

 

Baca juga: Fakta Penyebab Kehamilan

 

(audrey, foto: gurl.com, photobucket.com, tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN