Cara Melewati Banjir Saat Mengendarai Mobil

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 3 Februari 2015

Cara Melewati Banjir Saat Mengendarai Mobil

Ini dia cara melewati banjir saat mengendarai mobil. Ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu kita ketahui, girls. Apalagi kalau kita terjebak banjir saat menyetir sendiri.

 

Baca juga: Waspadai Titik Banjir Di Jakarta

 

Kenali mobil kita

Kita harus mengenali mobil yang kita kendarai. Apakah mobil kita terlalu pendek untuk melalui banjir atau tidak. Misal, mobil model sedan adalah salah satu mobil yang biasanya sulit melalui banjir karena lebih pendek dibanding mobil lain.


Pastikan ketinggian banjir

Enggak semua banjir bisa diterjang dengan mobil. Hanya banjir ketinggian tertentu saja yang bisa dilalui dengan mobil. Enggak perlu turun dari mobil, kita bisa mengira-ngira bagaimana ketinggian banjir tersebut dari dalam mobil. Kalau kita mengira ketinggian banjir sekitar 25 cm atau bahkan kurang, maka mobil masih boleh melaluinya. Seenggaknya, ketinggaan banjir paling maksimal atau paling dalam bisa dilalui mobil adalah 50 cm. Lebih dari 50 cm, mobil bisa terapung. Ingat! Semakin ke tengah, banjir akan semakin dalam. Jadi, perhitungkan ketinggiannya dari area tengah banjir, ya...

 

Kenali struktur jalan

Kalau kita udah biasa jalan di jalan tersebut, pastinya kita lebih kenal sama struktur jalanannya. Di mana ada lubang besar atau ada polisi tidur dan sebagainya. Siapa tahu gundukan atau lubang itu tertutup oleh banjir. Nah, kalau kita kurang familiar dengan jalan itu, kita bisa mencoba memperhatikan dulu gimana mobil-mobil di depan kita melalui jalanan banjir tersebut. Kalau mobil di depan berhasil, kita bisa mengikuti pola berkendaranya.

 

Baca juga: Cara Membuat Biopori, Lubang Kecil Pencegah Banjir

 

Putar balik

Hati-hati! Jangan menyepelekan banjir yang terlihat enggak tinggi dan kita berpikir buat menerobos banjir. Orang bisa terbunuh karena mobil terbawa arus deras saat banjir. Jadi, kalau kita merasa banjir itu enggak bisa dilalui dan banyak orang yang enggan melewati itu, coba putar balik dan cari jalan lain.

 

Berkendara pelan

Ketika kita merasa ketinggian banjir masih bisa dilalui, kita bisa mulai melewati banjir dengan menggunakan gigi satu (untuk manual) atau berkendara dengan kecepatan pelan.

 

Pertahankan kecepatan

Pertahankan untuk berkendara dengan pelan saat melalui banjir. Jangan panik karena air berada di sekitar kita dan rasanya kita enggak kunjung sampai karena berjalan pelan. Hal ini untuk menghindari terjadinya luapan air yang bisa masuk ke mesin mobil kalau kita berjalan dengan panik dan menekan gas. Selain itu, menghindari juga kemungkinan struktur jalanan yang enggak mulus.

 

Baca juga: Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan

 

Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat video singkat berikut yang menunjukkan dua mobil melewati banjir. Satu berhasil karena pengendara enggak panik dan tetap berkendara dengan pelan. Satu mobil lagi enggak berhasil karena ia panik dan menambah kecepatannya. Lihat apa yang terjadi, yuk!

 

 

Baca juga: Fashion Items yang Cocok Buat Musim Hujan

 

(foto: sheissomuchstronger.tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN