Cara Melakukan Pertolongan Pertama Bagi Korban Keracunan Sianida

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 15 Januari 2016

Cara Melakukan Pertolongan Pertama Bagi Korban Keracunan Sianida

Sianida merupakan bahan kimia berbentuk kristal kubus atau serbuk, granule, tidak berwarna hingga putih, berbau seperti almond. Jika kering tidak berbau, tetapi jika menyerap air berbau sianida.

 

Bahan kimia ini berakibat fatal bila terhirup atau tertelan. sianida menyerang semua jaringan sehingga enggak terjadi pertukaran oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan. Dikutip dari situs resmi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Indonesia, berikut merupakan beberapa tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika menemui korban yang keracunan Sianida.

 

Baca juga: 3 Fakta Sianida, Racun Yang Diduga Menewaskan Mirna Setelah Menyeruput Es Kopi

 

Jika terhirup

Jika aman memasuki area, jauhkan korban dari paparan. Gunakan masker berkatup atau peralatan sejenis untuk melakukan pernafasan buatan (pernafasan keselamatan) jika diperlukan. Pertahankan suhu tubuh korban dan istirahatkan. Segera bawa ke dokter.

 

Jika tertelan

Segera hubungi dokter. Jangan merangsang terjadinya muntah atau meminumkan cairan kepada korban yang tidak sadar. Jika terjadi muntah, jaga posisi kepala agar lebih rendah dari pinggul untuk mencegah aspirasi. Jika terjadi muntah, palingkan kepala ke samping. Segera bawa ke dokter.

 

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Keracunan Sianida

 

Jika terkena mata

Basuh mata segera dengan air yang banyak atau menggunakan larutan garam fisiologis, sambil sesekali buka kelopak mata atas dan bawah hingga tidak ada bahan kimia yang tertinggal. Lanjutkan pemberian larutan garam fisiologis hingga korban siap dibawa ke rumah sakit. Tutup dengan perban steril. Segera bawa ke dokter.

 

Jika terkena kulit

Lepaskan segera pakaian, perhiasan dan sepatu yang terkontaminasi. Cuci bagian yang terkontaminasi dengan sabun atau deterjen lunak dan air yang banyak hingga tidak ada bahan kimia yang tertinggal (setidaknya selama 15-20 menit). Segera bawa ke dokter.


Baca juga: Kronologi Seorang Wanita Yang Meninggal Usai Menyeruput Es Kopi di Mal

 

(sumber: bppt.go.id via nationalgeographic.co.id, foto: theseflyingpages.com)

 

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN