Body Image Yang Sering Dihadapi Remaja

Published by : Marti Posted on : Kamis, 2 Januari 2014

Body Image Yang Sering Dihadapi Remaja

Salah satu permasalahan yang sering dialami di usia remaja berkaitan dengan bentuk tubuh. Seringkali, seperti apa penampilan yang kita inginkan enggak sesuai dengan apa yang orang lain pikirkan cocok untuk kita. Atau, penampilan kita enggak sesuai dengan definisi cantik yang beredar selama ini. Akibatnya, seringkali kita jadi membenci diri sendiri.

 

Padahal, setiap orang itu istimewa, lho, girls. Kita diciptakan berbeda-beda sehingga wajar jika kita enggak sama dengan orang lain. Yuk kita cari tahu body image yang sering banget kita pikirkan dan membuat kita jadi kurang percaya diri.

 

Berat Badan

Masalah ini jadi yang utama banget dan selalu menjadi bahan pikiran kita yang berada di usia remaja. Selama ini, kita beranggapan bahwa tubuh ideal itu adalah kurus. Sehingga, kita pun rela melakukan segala cara agar terlihat kurus, termasuk diet yang enggak sehat. Bahkan, sampai ada yang terkena masalah eating disorders seperti anoreksia dan bulimia hanya untuk mendapatkan body image yang dirasa sempurna ini.

 

Sebaiknya kita mulai mengubah pola pikir tersebut. Daripada bersikeras mendapatkan tubuh kurus, lebih baik berupaya mendapatkan tubuh yang sehat. Kita bisa menyeimbangkan antara asupan makanan yang masuk ke tubuh dan olahraga yang dilakukan. Karena dengan tubuh sehat, kita bisa melakukan apa saja. Diet yang salah dan eating disorders mungkin bisa membuat kita jadi kurus tapi kita enggak punya tenaga untuk melakukan apa pun. Mulai sekarang, yuk jalani pola hidup sehat, girls.


Ukuran Dada

Kita seringakali merasa kurang puas dengan bentuk tubuh, salah satunya ukuran dada. Ada yang enggak nyaman karena punya dada besar, tapi ada juga yang malu karena punya dada kecil. Perasaan ini wajar dialami, girls. Terlebih jika kita menjadi satu-satunya yang berbeda di antara lingkungan sekitar. Perlu diingat bahwa sampai sekarang enggak ada patokan yang tepat berapa, sih, ukuran dada yang normal itu? Enggak perlu malu meski punya dada besar atau kecil. Dengan mix and match yang pas, kita bisa kok tampil stand out.

 

Kulit

Sebagai remaja, masalah kulit merupakan masalah utama yang sering dihadapi. Mulai dari kulit kusam, berwarna gelap, sampai ke jerawat yang enggak kunjung hilang. Pasti setiap hari kita selalu memikirkan masalah kulit ini. Apalagi kalau punya teman dengan kulit mulus dan bebas jerawat, rasanya langsung enggak percaya diri, deh.

 

Sebenarnya, masalah kulit ini bisa diatasi kok, girls. Selama kita rajin merawat kulit. Kita bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Seperti merawat rambut tanpa harus ke salon, memanfaatkan bahan-bahan masakan di dapur untuk mendapatkan kulit yang bagus, facial sendiri, membuat masker atau scrub sendiri.

 

Tinggi

Suka iri melihat model-model dengan tinggi menjulang? Atau mungkin teman yang punya tubuh jauh lebih jangkung ketimbang kita. Duh, rasanya kita pengiiiiin banget bisa bertambah tinggi lagi. Sebenarnya, perasaan enggak puas ini hampir dialami semua cewek, girls. Bisa saja cewek tinggi yang selama ini membuat kita iri sebenarnya juga enggak nyaman dengan tubuhnya dan malah pengin punya tubuh setinggi kita.

 

Punya tubuh pendek bukan berarti jadi masalah besar, girls. Kalau banyak yang mengejek kita karena punya tubuh pendek, enggak usah dipedulikan. Kita harus bisa menerima kalau kita diciptakan seperti ini dan pasti ada kelebihan yang kita miliki meski memiliki tubuh pendek. Selain itu, kita bisa tampil stand out dengan mix and match yang pas, sehingga orang-orang akan takjub duluan melihat penampilan kita dan berhenti berkomentar, deh.

 

Tekanan Media

Masalah-masalah body image ini seringkali muncul karena interaksi kita dengan orang lain, termasuk media massa. Sehingga, apa yang kita rasa sempurna adalah apa yang ditampilkan di media massa. Dan, hal itu beda banget dengan realita yang dihadapi sehari-hari.

 

Tanpa bisa diingkari, apa yang ditampilkan media ini bisa mengurangi kepercayaan diri kita. Bukan berarti kita enggak boleh berinteraksi dengan media massa, girls. Kita bisa menarik sisi lain dari apa yang ditampilkan media, seperti meniru kebiasaan baik seleb idola, mengikuti tips positif yang mereka berikan, atau menerapkan pola hidup sehat mereka ke kehidupan kita. Kita memang enggak akan seperti mereka, tapi setidaknya kita bisa menjadi lebih baik karena enggak perlu lagi memikirkan ingin terlihat seperti seleb idola.

 

Tekanan Teman Sebaya

Selain media, teman juga punya pengaruh penting dalam membentuk persepsi kita, Malah, tekanan teman sebaya ini jauh lebih berbahaya ketimbang tekanan media, girls. Karena kita cenderung pengin melakukan apa saja agar bisa diterima oleh lingkungan pergaulan. Kita sering pengin terlihat cantik agar bisa gabung di klub cheers karena klub itu sangat populer di sekolah. Kita cenderung tampil seksi karena geng cewek populer di sekolah tampil seperti itu. Padahal kenyataannya, kita sering enggak nyaman melakukan hal tersebut.

 

Jadi diri sendiri itu penting banget, girls. Kita bisa memilah-milah, mana peer pressure yang positif dan sebaiknya diikuti dan mana yang negatif atau dihindari. Enggak perlu takut untuk tampil beda. Malah, tampil beda ini bagus banget agar kita bisa stand out di antara teman-teman yang penampilannya hampir sama semua, he-he-he.

 

(iif. foto: thestir.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN