Bermain Sekaligus Olahraga

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 8 Agustus 2013

Bermain Sekaligus Olahraga

Ada banyak permainan yang menguras keringat dan membakar kalori. Permainan ini bisa sebagai penggantinya olahraga. Cobain, yuk.

 

Hula hoop

Permainan ini pasti pernah kita mainkan waktu kecil. Mulai dari First Lady Michelle Obama, Zooey Deschanel hingga Selena Gomez suka memainkannya. Hula hoop lumayan membakar kalori lho. Hanya dengan 30 menit akan membakar kalori sekitar 150 - 250.

 

Kalau kita belum biasa mulai saja dengan gerakan dasar dan awalnya lakukan 15 menit dulu. Kalau sudah biasa bisa ditambah. Kalau sudah jago bisa kita variasikan sambil berjalan, membungkukan badan atau memiringkan badan ke kiri dan ke kanan.

 

Frisbee

Permainan yang sering dimainkan di pantai atau taman ini bisa  jadi pilihan olahraga yang seru. Melempar sambil mengejar frisbee pastinya membuat badan bergerak dan banyak berkeringat. Biar lebih membakar kalori kita bisa mengajak beberapa teman tanding frisbee.

 

Caranya bentuk dua kelompok. Satu kelompok minimal terdiri atas dua orang atau lebih. Tiap kelompok harus melempar ke arah lawan dan harus bisa ditangkap. Kalau berhasil ditangkap, maka frisbee berpindah tangan ke lawan. Ya, mirip dengan permainan bola voli deh. Pemenangnya adalah kelompok yang bisa menangkap frisbee sesering mungkin.

 

Trampoline

Waktu TK pasti kita senang meloncat-loncat di trampoline. Beberapa game zone juga punya trampoline. Bisa kita manfaatkan buat olahraga, nih. Selain membakar kalori, trampoline melatih kekuatan stamina dan otot, terutama otot kaki.

 

Kalau belum pernah, coba loncat  enggak terlalu tinggi. Bila sudah biasa bisa loncat setinggi mungkin. Variasi yang lebih menantang antara lain: jumping jack, lari di tempat  di atas trampoline. Oh'ya jangan lupa pakai sepatu olahraga agar lutut enggak cedera.

 

Palang monyet

Ini juga permainan yang sering dimainkan waktu TK. Ayo latih kekuatan tangan dengan bermain di palang monyet. Kita bisa bergerak dengan memindahkan tangan dari satu palang ke palang yang lain hingga mencapai ke ujung. Bisa juga berayun-ayun seperti monyet.

 

Kalau mau yang lebih menantang ajak teman bertanding. Caranya: dua orang pemain harus bisa menyeberangi palang dari satu ujung ke ujung yang lain. Biasanya, ketika keduanya berpapasan di tengah palang, salah satu akan menjatuhkan lawannya dengan kaki, agar dia bisa tiba di ujung. Pemenangnya adalah dia yang enggak jatuh ke tanah dan bisa sampai ke ujung dengan selamat. Oh iya, kalau kita bermain cukup lama di palang monyet, gunakan sarung tangan biar tangan enggak lecet.

 

(muti, foto: flickr.com, heraldsun.com.au)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN