Berkeringat Bikin Kita Berpikir Kreatif?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 4 Desember 2013

Berkeringat Bikin Kita Berpikir Kreatif?

Banyak hal yang bisa bikin kita menjadi lebih kreatif, girls. Mulai dari sering membaca buku, datang ke pameran-pameran seni, pergi ke museum, sering mencari inspirasi di tempat baru dan masih banyak lagi. Selain melakukan aktivitas tadi, ternyata kalau kita sering berkeringat, otak kita bakal terpicu buat jadi lebih kreatif, lho. Kok bisa, ya?

 

Berkeringat yang dimaksud di sini adalah melakukan aktivitas yang bikin kita berkeringat, yaitu berolahraga. Para peneliti asal Belanda menemukan, orang yang rutin berolahraga cenderung lebih baik dalam menghasilkan pemikiran kreatif. Soalnya, aktivitas fisik bisa meningkatkan kemampuan orang buat berpikir lebih fleksibel.

 

Nah, biar bisa mendapatkan efek itu, kita perlu melakukannya secara rutin. "Aktivitas fisik baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, selama dilakukan secara rutin. Jika tidak, maka energi yang seharusnya bisa digunakan untuk bepikir justru terpakai untuk bergerak," ujar peneliti Lorenza Colzato dari Leiden University, Belanda.

 

Efek dari olahraga ini memicu pemikiran divergen dan konvergen pada otak kita. Pemikiran divergen sendiri merupakan pemikiran yang menghasilkan banyak solusi buat menyelesaikan masalah, sedangkan pemikiran konvergen bikin kita mudah menemui solusi terbaik yang tepat buat masalah itu.

 

(lana, foto: weheartit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN