Beras Plastik dan 5 Makanan Mengandung Bahan Berbahaya Lainnya

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 21 Mei 2015

Beras Plastik dan 5 Makanan Mengandung Bahan Berbahaya Lainnya

Sudah dengar soal penemuan beras sintetis berbahan limbah plastik? Di luar dugaan, ada banyak makanan sehari-hari kita yang ternyata berbahaya. Karena, ada pihak-pihak yang memproduksi bahan makanan tersebut dari bahan yang seharusnya tidak dikonsumsi manusia. Bukan hanya beras, berikut 5 makanan yang mengandung bahan berbahaya lainnya. 

 

(Baca juga: 5 Makanan Berbahaya Untuk Organ Reproduksi)

 

Beras plastik

Seorang penjual bubur di Mutiara Gading, Bekasi Timur menemukan butiran-butiran beras yang diduga terbuat dari plastik. Dan ternyata memang ada, lho, beras sintetis yang terbuat dari limbah plastik yang kabarnya berasal dari Cina. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut soal beras plastik berbahaya ini. 

 

(Baca juga: Begini Gejala Yang Kita Rasakan Kalau Mengonsumsi Beras Plastik)

 

Susu bubuk dicampur detergent

Diberitakan di TribunNews.com, di India ditemukan susu bubuk yang bercampur bubuk deterjen. Pemerintah India melaporkan pada Selasa (12/05/2015) lalu bahwa survey dari Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) menyatakan lebih dari setengah total 1.791 sampel susu yang didapat di 33 wilayah bagian tidak memenuhi standar. Sementara 5,75% dari sampel itu ditemukan adanya campuran deterjen. 

 

Gorengan mengandung plastik

Sudah lama beredar rumor kalau penjual gorengan memasukkan plastik ke dalam minyak untuk menggoreng. Biasanya plastik yang mereka campur adalah plastik bening kemasan minyak yang mereka pakai. Walaupun banyak juga penjual yang tidak menggunakan plastik, lebih aman kalau konsumen tahu bagaimana proses memasak makanan yang kita makan. Kilk di sini untuk membaca tips mengurangi efek buruk makan gorengan

 

(Baca juga: 5 Bahaya Minuman Bersoda Buat Tubuh Kita)

 

Telur melamin

Pada tahun 2008, perusahaan Jepang Mitsui & Co menarik bubuk telur yang diimpornya dari Cina karena kandungan melamin. Melamin adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk pembuatan plastic, Kristal, lem, dan lainnya. Bubuk telur sering digunakan untuk kue kering, mayones, pasta dan produk permen.

 

Kerupuk dari limbah sepatu kulit

Ada produsen juga yang membuat kerupuk kulit dari limbah sepatu, tas, atau jaket kulit bekas. Ciri-ciri kerupuk kulit dari limbah berbahaya adalah ketika disentuh teksturnya halus, warnanya lebih terang, ketika dimakan terasa pahit dan enggak nyaman di tenggorokkan.

 

Susu mengandung melamin 


Tahun 2008 lalu, enam bayi meninggal dunia dan hampir 300.000 bayi di China mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsi susu yang telah tercemar melamin. Beberapa petugas pertanian Cina menerangkan telur dengan kadar melamin tinggi ini berasal dari ayam petelur yang mengonsumsi pakan yang telah tercemar melamin.

 

(Baca juga: Penyakit Yang Bisa Diakibatkan Mie Instan)

 

(foto: anime-kid.com, in.reuters.com, wartakota.tribunnews.com, YouTube: NTDTV, Kulik Sera)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN