Berantem Terus Sama Kakak atau Adik?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 17 Maret 2014

Berantem Terus Sama Kakak atau Adik?

Hubungan kakak-beradik ini sudah lama bikin kita frustasi. Hampir setiap hari kita berantem sama mereka, padahal masalahnya sepele. Pertengkaran antara kakak dan adik termasuk hal normal, tapi hal ini enggak menyenangkan kalau terus-menerus terjadi. Baik sebagai adik ataupun kakak, kita perlu mengambil langkah seanjutnya buat memperbaiki situasi ini.


Take the first step

Pertama, kita harus punya kemauan buat memperbaiki hubungan kita sama mereka. Kita enggak bakal mengerti mereka, selama kita enggak memperhatikan hal apa saja yang terjadi dalam kehidupan mereka. Mulai kenali apa saja makanan favoritnya, siapa saja teman-temannya dan ke mana mereka suka pergi. Ajak kakak atau adik kita buat menonton film kesukaannya bareng buat memulai.

 

Beri sedikit bantuan

Kalau kita kepengin memiliki hubungan baik sama mereka, mulai memberikan bantuan kalau mereka kelihatan kesulitan. Mereka bakal menghargai kalau kita melakukan kebaikan. Misalnya, kakak atau adik kita kelihatan lagi stres mengerjakan tugas-tugasnya, coba kita tanya apa ada yang bisa kita bantu atau enggak. Buatkan minuman hangat atau kasih camilan ringan yang bisa kita beli di mini market terdekat.

 

Tahan emosi

Sikap mereka enggak akan berubah seketika waktu kita mencoba berlaku baik. Waktu kita mulai emosi sama sikap kakak atau adik kita yang menyebalkan, tahan emosi. Enggak usah balas seperti biasanya, lebih baik kita diam atau pergi saja. Kalau emosi kita sudah mulai terkontrol, baru deh ajak mereka bicara lagi.

 

Ajak ngobrol

Mungkin selama ini kita dan saudara kita kurang komunikasi. Selain ngobrol langsung, kita bisa komunikasi sama mereka lewat SMS ataupun aplikasi chat. Kita bisa mulai dari hal-hal apa saja yang mereka sukai. Misalnya, dalam waktu dekat band favorit mereka mau manggung atau ada pameran seni yang melibatkan artist kesukaan mereka. Pokoknya buat starter yang penting kita bicara sama mereka. Memulai memang sulit, tapi kalau sudah mulai ke depannya bakal lebih mudah.

 

(lana, foto: dailymail.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN