Belajar Rajin Membaca Buku Seperti Ir. Soekarno

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 25 September 2014

Belajar Rajin Membaca Buku Seperti Ir. Soekarno

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari sifat para pahlawan Indonesia. Tentunya, sifat ini bisa kita aplikasikan di masa sekarang. Misalnya rajin membaca buku seperti Ir. Soekarno.

 

(Baca juga: Cara Asik Baca Buku)

 

Kutu buku

Bung Karno terkenal sebagai pribadi yang kutu buku. Soalnya, beliau memang suka banget membaca, terutama buku ilmiah. Waktu diasingkan ke Bengkulu, beliau membawa koleksi buku-bukunya.

 

Bahkan, anak Residen Bengkulu bernama Hooikas Jr. sampai terheran-heran melihat koleksi buku Bapak Proklamator kita ini. Bung karno bisa duduk diam selama berjam-jam hanya bertemankan buku. Ketika Hooikas Jr. bertanya kenapa beliau suka banget membaca, Bung Karno dengan mantap menjawab,

 

 

"Orang muda, saya harus belajar giat sekali. Insya Allah, saya akan menjadi presiden negeri ini."

 

Jawaban tersebut menjadi bahan ejekan orang Belanda di Bengkulu. Tapi bertahun-tahun setelahnya, beliau mewujudkan perkataannya dengan  menjadi presiden pertama Indonesia.

 

(Baca juga: Tips Tempat Asyik Buat Baca Buku)

 

Lesson Learnt

Kalimat yang mengatakan kalau buku adalah jendela dunia itu benar banget. Ada banyak banget ilmu yang bisa didapat dengan membaca buku. Kita bisa meniru kebiasaan Bung Karno ini, girls. Beliau membaca buku yang membantunya dalam perjuangan menggapai kemerdekaan.

 

 

Jadi, kita bisa membaca buku-buku yang terkait dengan cita-cita kita. Misalnya, kita pengin jadi fashion designer. Kita bisa mencapai impian tersebut dengan membaca biografi desainer-desainer ternama dan meniru tips sukses mereka. Let's read a book and achieve our dream, girls.

 

(Baca juga: Tips Biar Makin Suka Membaca Buku)

 

(iif, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN