Belajar di Sekolah Lebih Lancar

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 12 April 2013

Belajar di Sekolah Lebih Lancar

Pusing dan stres sama sekolah? Tenaaang.. Ibu Sani B. Hermawan dari lembaga konsultasi psikologi Daya Insani bakal membantu kita biar masalah sekolah jadi lebih lancar.

 

Q: Aku selalu enggak bersemangat ketika belajar di sekolah. Bagaimana caranya biar kita jadi lebih semangat dan fokus?  

"Sebenarnya, pas kita mau berangkat sekolah, kita harus udah mulai menjaga mood. Kalau baru bangun aja kita udah malas, boro-boro pelajaran di sekolah bakal masuk. Supaya di kelas jadi lebih semangat, kita harus membangun mood positif, misal dengan membayangkan untuk bertemu gebetan di kelas nanti atau pulang sekolah bakal main sama teman segeng. Mendengarkan lagu juga bisa bikin kita jadi lebih semangat. Nah, kalau mood udah enak, belajar juga jadi lebih menyenangkan."

 

Q:  Gimana caranya mengusir kantuk, ketika belajar di kelas?

"Rasa kantuk muncul karena tubuh butuh istirahat. Makanya, pas hari sekolah, kita harus tidur cukup sekitar 6-8 jam di malam hari. Kalau ngantuk masih menyerang, kita bisa melakukan stretching kecil di kelas, seperti meregangkan otot-otot punggung. Kita bisa juga meminta izin guru ke kamar mandi untuk membasuh muka agar lebih segar. Pastikan juga kita sarapan dengan kadar pas dan tidak terlalu kenyang di pagi hari."

 

Q: Aku enggak suka dengan guru-guru di sekolah. Mereka selalu bersikap baik hanya kepada anak-anak yang pintar. Aku jadi semakin malas, apalagi untuk bertanya pada mereka. Padahal pelajaran itu kan penting buat aku.

"Karakter orang itu berbeda-beda, termasuk karakter guru. Ada guru yg cenderung pilih kasih kepada murid, ada guru yang memang adil memerlakukan murid-muridnya. Bagaimanapun perlakuan guru kepada kita, jangan memengaruhi proses belajar. Tingkah guru yang berbeda-beda justru merupakan pengalaman dan pembelajaran buat kita untuk lebih mengenal dan mengerti karakter orang. Hasilnya, kita bisa lebih pintar dalam menyesuaikan diri di lingkungan manapun."

 

Q: Aku selalu kesulitan belajar matematika. Bagaimana  caranya supaya aku jadi suka dengan pelajaran itu?

"Sebenarnya, matematika sering jadi pelajaran yang sulit karena di otak kita sudah menganggap bahwa matematika itu menyebalkan. Makanya sebelum kita mulai belajar, kita harus beranggapan dulu bahwa matematika itu seru. Nah, kalau memang tetap enggak bisa, itu tandanya kita harus lebih banyak melakukan latihan soal dan mendapatkan tambahan waktu belajar."

 

Q: Aku belum mau ujian, tapi kenapa para guru senang banget memberikan tugas dan ulangan? Aku, kan, jadi  bosan belajar...

"Sebenarnya, makin sering latihan lewat tugas dan ulangan, kita bakal lebih mengerti materi pelajaran yang diajarkan. Untuk mengatasi kebosanan, kita bisa memberikan reward untuk setiap keberhasilan yang dicapai. Misal, kalau kita berhasil mendapatkan nilai delapan untuk ulangan Fisika, kita boleh mentraktir diri sendiri satu scoop es krim favorit. Dengan begitu, kita pasti lebih semangat belajar."

 

(anggi, foto: hmhco.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN