Begini 6 Tipe Guru Yang Bikin Siswa Jadi Baper dan Takut Kehilangan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 18 Januari 2016

Begini 6 Tipe Guru Yang Bikin Siswa Jadi Baper dan Takut Kehilangan

Isu rotasi guru yang terjadi belakangan ini bikin kita, para siswa, jadi mikirin para guru. Maklum, tanpa disangka, guru yang banyak disukai sama siswa satu sekolah ternyata bisa juga kena rotasi. Mau enggak mau, kepergian para guru itu bikin para murid jadi kebawa perasaan alias baper. Kejadian sedih-sedihan saat melepas mereka cabut di hari terakhirnya di sekolah pun terjadi. Dan, begini nih 6 tipe guru yang bikin siswa jadi baper dan takut kehilangan.

(foto: fanpop.com)

 

(Baca juga: Tips Menghadapi Berbagai Karakter Guru Yang Ajaib)

 

Guru yang enggak pelit nilai

Ini sih bener banget. Mau gimana pun pasti pengen dong nilai kita bagus di rapot? Tipe guru yang gak pelit nilai ini nih yang jadi idaman. Kalau kata Intan dari SMAN 66, "kalau guru pelit nilai, nilai gue standar banget padahal gue udah usaha tuh biar dapet nilai bagus"  Intan bilang, di sekolahnya ada guru yang enggak pelit nilai, tapi sayang gurunya terlalu kaku sama masalah seragam."

 

Guru yang bisa ngajarin sampai ngerti

Mengikuti kurikulum sekolah yang baru (pasti pada tau dong kurikulum apa?), siswa dituntut untuk lebih mandiri. Tapi untungnya, masih ada beberapa guru yang ngasih penjelasannya secara rinci. Bikin langsung ngerti. "Kan percuma kalau dia ngajar atau ngasih tugas tapi kita enggak ngerti. Kalau ulangan jelek, berarti salah dia, dong? Eh tapi enggak deng. Karena pada kodratnya guru selalu benar" Kata Lidiana dari SMAN 66.

 

(Baca juga: 8 Foto Guru Paling Ganteng Yang Bikin Heboh Social Media)

 

Guru yang humoris, santai, tapi jelas

Guru yang humoris (bukan yang jayus, yah!) pasti selalu sukses bikin suasana kelas jadi lebih santai. Kalau udah gitu, dia pasti jadi guru favorit, deh, apalagi kalau selama ngasih materi, dia tetap jelas dan rinci.

 

"Gue suka guru yang seru, lucu plus enggak garing. Tapi tetap harus jelas juga saat ngajar, kalau ngejelasin materi tetap masuk. Contohnya guru Geografi gue. Enggak kebayang, deh, kalau beliau pindah dan enggak ngajar gue lagi," kata Nastidari dari SMAN 90 Jakarta.

 

Guru Yang Ke-ibuan

Yap, tipe yang satu ini adalah tipe guru yang mengayomi. Persis kayak ibu sendiri.  Contohnya di SMAN 47. Ada guru Kimia yang juga jadi wali kelas, namanya Ibu Fourita atau akrab disapa Bu Four. Di awal pembelajaran, beliau selalu nanya fasilitas apa yang kurang, dan nanya soal cara guru-guru lain mengajar. Semacam evaluasi gitu.

 

Tapi sayang aja, pertengahan September lalu beliau harus dirotasi, dipindahtugaskan ke sekolah lain. Saat dapat kabar itu, beliau mengumumkannya ke kelas sambil nangis. Sontak, temen-temen di kelas itu langsung pada baper dan langsung memeluk beliau.

 

"Bu Four tuh baik banget. Cara ngajarnya enak lagi, udah gitu selalu merhatiin murid kelasnya. Enggak ada lagi guru Kimia sesabar bu Four" kata salah satu siswa kelas yang diajar Bu Four.

 

(Baca juga: 5 Alasan Kita Bisa Suka Atau Naksir Sama Guru)

 

Guru killer yang bijak

Inilah tipe yang kadang bikin murid salah tingkah, kenapa? Karena ini guru killer tapi baik juga. Biasanya, muka guru ini dikenal dengan galaknya, mukanya juga bukan muka-muka yang sering senyum mempesona, melainkan senyum yang mengintimidasi. Dari cara ngomong juga, biasanya sih keceplosan pake lo-gue ke murid-murid, yah dari penampilannya keliatan jelas kok itu guru killer.

 

Tapi, biasanya juga, guru yang kayak gini ngejelasinnya enak banget, gampang dimengerti, dan mereka diam-diam sangat perhatian sama murid, mulai dari masalah nilai yang do-re-mi sampe bekal apa yang dibawa siswa. Bahkan, di SMA Pembangunan Jaya, ada guru killer yang pernah ngasih kacang sekaleng untuk muridnya. Tampilan luarnya emang garang, tapi aslinya halus!

 

Guru yang kelewat baik

Mungkin tipe guru yang kayak gini jarang banget ditemuin, one of the kind kalau kata orang-orang sana. Inilah guru-guru yang kelewat baik sampe murid yang bandel minta ampun jadi enggak tega bikin onar.

 

Contohnya aja guru Bahasa Indonesia di SMA Pembangunan Jaya. Sementara guru-guru lain cerewet sama anak yang main gadget di kelas, guru baik satu ini malah melegalkan murid-muridnya untuk menggunakan gadges saat di jam pelajaran dia. Bahkan selama 4 jam pelajaran bebas ngapain aja asal nyatet penjelasan dia yang ditampilin di power point. Kebaikannya bikin baper!

 

(Baca juga: 20 Guru Ini Punya Cara Mengajar Yang Unik Banget!)

 

(Quina SMAN 47 Jakarta, Sher SMA Pembangunan Jaya, Dhi Ayu SMAN 66 Jakarta/ hai-online.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN