Be An Eco- Friendly Girl!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 April 2013

Be An Eco- Friendly Girl!

Alam di sekitar kita semakin lama akan semakin rusak jika kita tidak memulai sesuatu, meski dalam bentuk sekecil apapun.

 

Mulai disiplinkan diri membuang sampah pada tempatnya

Semua dimulai dari diri kamu sendiri, buang semua alasan yang bisa kamu temukan untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Jangan biarkan pikiran malas mengalahkan kegigihan kamu!

 

Matikan listrik yang tidak terpakai, siang dan malam hari

Penghematan listrik dibutuhkan setiap saat, siang dan malam hari. Mulai dari 'hanya' menyalakan apa yang kamu butuhkan saat itu, dan segera matikan ketika sudah selesai dan ketika kamu tidak terlalu membutuhkannya. Listrik bukan sumber daya yang tak pernah habis lho girls!

 

Hemat penggunaan tissue dan kertas

Biarpun kamu lagi sedih atau sakit yang butuh banyak tissue, pantang hukumnya untuk menghambur-hamburkan. Gunakan barang yang dapat digunakan lebih lama, seperti saputangan. Begitu pula dengan kertas, jika memungkinkan, gunakan setiap sudut yang ada dalam kertas, karena banyak pohon yang terus menerus ditebang hanya untuk kertas dan tissue yang kalian gunakan.

 

Bawa botol minum dan tas belanja sendiri

Setiap kamu pergi untuk berbelanja atau hanya hangout ke café, sebenarnya kamu telah menggunakan banyak plastic. Terutama di café yang menyediakan minumannya dalam gelas plastik. Dengan membawa tas belanja  atau botol minummu sendiri, kamu bisa menghemat penggunaan plastic, paling tidak dari dirimu sendiri.

 

Selalu sedia sarung tangan karet dan hand sanitizer di tas

Gunakan sarung tangan karet untuk tidak malu-malu memindahkan sampah yang kamu lihat tercecer ke tong sampah. Kamu bisa menjadi contoh baik untuk teman-teman dan keluarga kamu! Setelah itu, jangan lupa cuci tangan dengan sabun, atau gunakan hand sanitizer yang mudah dibawa-bawa.

 

Hemat penggunaan air

Air yang terus menerus mengalir, atau digunakan secara berlebih termasuk kegiatan menyianyiakan salah satu sumber kehidupan loh girls. Inget kan, kalau masih banyak daerah di Indonesia yang harus berjuang untuk mendapatkan satu ember air bersih saja.

 

Biasakan bersepeda

Look cool with bicycle! Selain terlihat keren dan menyehatkan tubuh, membiasakan diri menggunakan sepeda kemana-mana bisa jadi salah satu awal pengurangan polusi mesin. Tidak ada hal baik yang diberikan asap knalpot kendaraan, sepeda merupakan salah satu alternatif yang memberikan banyak hal baik untuk tubuh.

 

Siap menjadi pioneer gerakan cinta lingkungan kan girls?

 

(uswatun, foto: net)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN