Bangun Pagi Menurunkan Berat Badan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 2 Mei 2014

Bangun Pagi Menurunkan Berat Badan

Penelitian terbaru menemukan bahwa bukan hanya durasi tidur yang dapat mempengaruhi berat badan, namun juga waktu bangun seseorang. Intinya, bangun pagi bisa menurunkan berat badan. 

 

Manfaat sinar matahari pagi

Lebih spesifiknya, penelitian ini menyebut bahwa orang yang terekspos sinar terang di pagi hari memiliki indeks massa tubuh (body mass index/BMI) lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang terpapar sinar matahari di waktu yang lebih siang.

 

Dr. Phyllis Zee, salah satu ilmuwan senior dalam penelitian ini berkata, bahkan paparan matahari sebelum tengah hari selama 20 hingga 30 menit dalam sehari dapat memberi pengaruh signifikan terhadap BMI. "Tak peduli seberapa banyak kalori yang tubuh Anda makan di hari itu," ujar Phyllis.

 

Perhitungannya, kata Phyllis, sinar yang baik untuk tubuh sebaiknya berada di atas 500 lux (lux adalah satuan intensitas cahaya diukur dari jarak sumber cahaya). Sinar di luar ruangan rata-rata 1.000 lux jika hari sedang mendung, dan 10.000 lux di pagi hari yang cerah. Ini jauh lebih terang bila dibandingkan dengan sinar di dalam ruangan yang berkisar 200-500 lux saja.

 

Namun, jangan asal berjemur. Pagi hari lebih disarankan karena di saat itu sinar matahari memiliki blue light, yakni gelombang cahaya yang lebih pendek, yang dapat memberikan efek paling kuat terhadap ritme tubuh.

 

Kurang tidur picu rasa lapar

Para peneliti juga mengungkapkan, saat ini tubuh manusia sering kebingungan, apakah hari sudah siang atau malam. Ini diakibatkan oleh kegiatan saat ini seperti menggunakan gadget hingga larut malam, tidak bisa bangun pagi hingga kurang paparan sinar matahari pagi. Saat itulah, tubuh akan menunda pelepasan hormon melatonin yang mengakibatkan kita semakin susah tidur. 

 

Sementara itu, kurang tidur memicu rasa lapar karena tubuh menaikkan level hormon ghrelin dari otak. Sinar matahari di pagi hari menurunkan level melatonin dan membantu menjaga ritme tubuh yang sehat. Seperti yang sudah kita ketahui, hubungan antara kurang tidur dan kenaikan berat badan cukup kuat. 

 

Setelah tahu fakta ini, jangan takut berjemur di pagi hari dan biasakan bangun pagi agar tubuh kita lebih langsing. 

 

(astudestra/the guardian/tabloidnova.com, foto: delmarmedspa.ro)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN