Bakar Kalori Dengan Lari

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 17 Juni 2013

Bakar Kalori Dengan Lari

Olah raga paling murah dan cepat membakar kalori adalah lari. Ini juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Sepatu nyaman

Sebelum lari, kita harus menggunakan sepatu yang nyaman. Hati-hati bedakan antara sepatu keds dengan sepatu olah raga. Sepatu seperti Converse atau Vans memang sepatu berkesan sporty tapi mereka bukan sepatu olah raga jadi enggak cocok buat dipakai lari. Pilih sepatu olah raga dari brand sport seperti Nike, Adidas, New Balance, Puma, Reebook.

 

Pemanasan penting

Ketika mau lari, jangan lupa pemanasan dulu. Gerak-gerakan pergelangan kaki dan lutut. Karena bagian itu yang akan banyak digunakan. Kita bisa mulai dengan lari-lari di tempat dulu beberapa menit.

 

Jarak pendek

Kalau belum biasa lari, kita bisa mulai dengan jarak pendek. Awali lima menit pertama dengan berjalan kaki. Ibaratnya mesin, jalan kaki seperti proses memanaskan mobil. Lalu secara perlahan kita lari. Pertama-tama lari sekitar 5-10 menit, jangan berhenti ya. Lalu selingi lagi dengan 5 menit berjalan. Dan lanjut lagi lari 5-10 menit. Untuk hari pertama kita bisa lari hanya 30 menit, kalau sudah biasa bisa ditambah hingga 45 - 60 menit.

 

Tambah secara perlahan

Semua olah raga harus dilakukan secara bertahan. Jangan keburu nafsu ingin lari 1 jam -1,5 jam misalnya. Ini akan membuat tubuh kaget. Kita malah jadi capek, pusing dan bisa bikin jantung berdebar-debar enggak karuan. Bukannya makin sehat.

 

Awali 2-3 hari pertama dengan jarak pendek. Lalu secara perlahan bisa ditambah. Begitu juga dengan kecepatan lari. Kalau sudah biasa, kecepatan lari kita bisa dibagi. Misalnya 10 menit pertama lari santai, 10 menit kedua lari agak cepat (seperti lari ngejar bis) dan 10 menit berikutnya lari cepat banget (seperti lari takut dikejar anjing) hihihihi. Kalau lari sama teman bisa dipakai buat bertanding juga, lho.

 

Variasi lokasi

Biar lebih seru,kita bisa pilih jalur lari yang berbeda-beda. Pemandangan yang berbeda bikin lari makin semangat. Lebih asyik dan menantang lagi kalau bisa ketemu tangga atau bukit. Misalnya, 10 menit pertama lari di jalan yang rata, lalu 10 menit berikutnya lari sambil naik turun tangga atau bukit. Kalori yang terbakar makin banyak,nih.

 

Pasang musik

Musik terbukti membuat olah raga makin semangat. Jangan lupa bikin playlist yang bikin lari kita makin semangat. Ready to run, girl?

 

(muti, foto: wallpaperstock.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN