Bahaya Yang Harus Kita Tahu Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 13 September 2014

Bahaya Yang Harus Kita Tahu Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Girls alert! Hati-hati, ada bahaya yang harus kita tahu kalau malas ganti pembalut saat menstruasi. Kalau kita malas mengganti pembalut secara rutin, ternyata bisa berakibat fatal buat kesehatan dan area miss V kita. Enggak penginkan menyesal saat mengetahui kita mengidap penyakit berbahaya karena lalai ganti pembalut? Cari tahu yuk, bahaya yang harus kita ketahui kalau malas ganti pembalut saat menstruasi.

 

Iritasi

Area miss V sifatnya asam dengan kadar 4-4,5 pH. Sedangkan darah sifatnya basa. Nah, kalau kita menstruasi, darah yang keluar mengandung 7,3 - 7,4 Ph. Artinya, Ph Yang dikeluarkan bisa merusak kulit kita. Makanya kulit akan mudah iritasi saat menstruasi. Iritasi bisa berupa rasa gatal, perih, kulit merah, basah, berair dan bau enggak sedap.

 

Baca juga: Tips Supaya Area Miss V Enggak Berbau Dan Mudah Tembus Saat Menstruasi

 

Herpes

Bahaya lain yang bisa terjadi kalau kita malas ganti pembalut walau enggak penuh dan lebih dari 3 jam, bisa jadi kita kena penyakit herpes. Infeksi bakteri herpes paling cepat menyebar dan menyerang tubuh kita. Makanya, kita harus menjaga kebersihan area miss V saat menstruasi. Penyebab penyakit ini biasanya terjadi karena kelembaban area kulit miss V.

 

Toxic Shock Syndrome

TTS atau toxic shock syndrome biasanya diderita pemakai tampon. Tapi, seiring perkembangan jaman ternyata juga ditemukan sama cewek yang pakai pembalut. Infeksi ini terjadi karena kulit lembab dan iritasi lalu terjadi luka terbuka. Saat luka terbuka bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes masuk ke area luka. Ciri penderitanya disertai demam tinggi, nyeri otot dan lesu, diare, muntah, pusing sampai pingsan, luka dan ruam di area miss V, nyeri tenggorokan dan mata memerah.

 

Baca juga: Mengenali Perbedaan Dan Macam-Macam Pembalut Menstruasi

 

Kanker Servik

Banyak orang yang menyalahkan kualitas pembalut yang bisa menyebabkan kanker servik. Padahal, kanker servik enggak dipicu karena kualitas saja, tapi juga kebersihan area miss V. Efek telat ganti pembalut biasanya kita akan merasa lembab, gatal yang ujungnya keputihan hingga kanker servik. Pembalut yang enggak kita ganti biasanya ada microorganism Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker servik. Ada 100 jenis HPV yang sudah diidentifikasi ilmuwan. Sebagian menginfeksi kulit dan menghasilkan kutil. Kutil merupakan tumor jinak yang bentuknya sepeti benjolan-benjolan kecil di sekitar miss V bagian luar dan dalam serta mulut anus.

 

Jamur

Selain virus HPV, sering lupa atau malas ganti pembalut bisa menyebabkan penyakit jamur candida albicans. Jamur ini menyebabkan keputihan pada wanita yang disertai rasa gatal yang cukup parah. Rasa gatal akibat infeksi jamur sangat mengganggu. Dan bila kita menggaruknya bisa menyebabkan iritasi atau infeksi serius.

 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Menstruasi Pada Pakaian Kita Dengan Mudah Dan Cepat

 

 

(stefanie, foto: gurl.com)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN