Bahaya Minuman Keras Untuk Remaja

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 7 Mei 2014

Bahaya Minuman Keras Untuk Remaja

Kenapa sih kita enggak boleh minum minuman beralkohol? Simak deh apa sih bahaya minuman keras untuk remaja.

 

Pemberitaan mengenai tiga partygoers yang tewas di sebuah festival musik elektronik di Jakarta, beberapa waktu yang lalu menyadarkan banyak pecandu alkohol. Lantaran, mereka meregang usai berpesta minuman keras di arena konser.

 

Pergaulan bebas yang bukan hal yang aneh lagi buat remaja-remaja masa kini. Akibatnya, enggak ada kontrol dari diri sendiri dan orang lain, yang sekaligus menyebabkan penyalahgunaan alcohol makin meluas saja.

 

Sejarah minuman keras

Pada awalnya,minuman beralkohol di konsumsi orang-orang di Eropa dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Dengan kadar etanol berkisar antara 4%-6% untuk bir dan 9%-16% untuk anggur, gempuran suhu udara rendah bisa dihalau.

 

Namun seiring dengan kemajuan zaman, teknologi dan budaya, minuman sarat akan bahaya ini mulai dikonsumsi bebas. Apalagi, berkembangnya usaha-usaha bir rumahan menambah panjang daftar penyalahgunaan minuman beralkohol.

 

Resiko serangan jantung

Catatan lainnya adalah pecandu alkohol cenderung memiliki tekanan darah yang relatif lebih tinggi dibandingkan non-peminum (abstainer), demikian pula mereka lebih berisiko mengalami stroke dan serangan jantung.

 

Bahkan Peminum kronis (menahun) dapat pula mengalami berbagai gangguan syaraf mulai dari dementia (gangguan kecerdasan), bingung, kesulitan berjalan dan kehilangan memori. Diduga konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menimbulkan defisiensi thiamin - komponen vitamin B-komplek berbentuk kristal yang esensial bagi berfungsinya sistem syaraf.

 

Jadi, sudah sewajarnya jika konsumsi alkohol yang berlebihan harus dihindari mengingat berbagai bukti tentang efek buruk alkohol terhadap kesehatan telah banyak terkuak.

 

(adhie/hai, foto: cbsnews.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN