Bahaya Minuman Besoda Bagi Tubuh

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 22 Juli 2013

Bahaya Minuman Besoda Bagi Tubuh

Kalau udah haus dan pengin yang seger-seger, rasanya nikmat banget pasti buat minum minuman yang bersoda. Rasanya langsung nyesss... He-he-he. Tapi jangan salah lho, girls, karena ternyata dibalik sensasinya yang seger banget, ada beberapa efek berbahaya yang harus kita perhatikan.

 

Obesitas

Kandungan kalori yang sangat tinggi dalam minuman soda itu bisa menyebabkan kadar gula di tumbuh kita berlebih. Dalam setiap satu gelas minuman soda yang kita minum, kita sama aja dengan mengonsumsi 22 sachet gula putih!

 

Akibatnya resiko obesitas bisa semakin tinggi. Enggak cuma bisa menyerang orang dewasa lho, girls, remaja cewek seperti kita ini juga rentan dengan resiko obesitas.

 

Tulang rapuh

Faktanya adalah minuman bersoda dapat mengeroposkan tulang kita. Walaupun kita rajin mengonsumsi susu dan suplemen kalsium tinggi, kalau kita masih rajin mengonsumsi soda, itu semua akan jadi sia-sia.

 

Hal ini disebabkan tingginya kandungan asam fosfat di dalam minuman bersoda. Penelitian membukakan salah satu sifat asam fosfat adalah mengikis kandungan kalsium di dalam tulang. Selain tulang, ini juga akan berpengaruh ke gigi dan Enggak mau kan susu yang kita konsumsi setiap pagi jadi terbuang percuma?

 

Hiperaktif

Pernah penasaran enggak kenapa setelah minum minuman bersoda tubuh kita kembali segar? Ini karena kandungan kafein yang sangat tinggi di dalam soda. Kalau sekedar merasa segar saja mungkin enggak jadi masalah.

 

Tapi kalau kita terlalu sering mengonsumsi minuma bersoda, akibatnya bisa parah. Tubuh kita jadi punya sindrom hiperaktif seperti gelisah terus-menerus, detak jantung jadi enggak normal, insomnia, tekanan darah rendah, dan masih banyak lagi. Duh, enggak enak banget deh.

 

Mungkin kalau hanya mengonsumsi sekali-sekali enggak akan jadi masalah ya, girls. Tapi kalau terus-menerus, kebayang enggak sih penyakit yang akan menguntit kita nantinya? Awalnya mungkin enak, tapi kalau sampai bikin sakit, kayaknya kita harus pikir dua kali dulu kali, ya?

 

(audrey, foto: cnn.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN