Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 5 Agustus 2014

Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

Punya kebiasaan menggigit kuku? Tahu enggak sih apa sih bahayanya kebiasaan menggigit kuku ini?

 

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Keindahan Kuku

 

Menimbulkan banyak penyakit

"Ya, untuk beberapa alasan," ujar Richard Scher, M.D., seorang ahli di bidang kelainan kuku di Weill Cornell Medical College, Amerika Serikat.

 

Menurut Richard, ada beberapa alasan mengapa kebiasaan menggigit kuku  enggak boleh dibiarkan. Pertama, kuku adalah muara berkumpulnya banyak kuman dan bakteri di bagian ujungnya. Ketika kita menggigit kuku, bakteri itu akan berpindah ke mulut dan perut yang akhirnya memicu infeksi pencernaan, sakit perut, dan bahkan diare.

 

Dalam jangka panjang, orang yang punya kebiasaan menggigit kuku  juga akan menderita infeksi yang disebut paronychia  yang berarti abrasi di sekitar kulit di kuku. Hal ini memungkinkan bakteri masuk dan terserap ke dalam lapisan kulit. Dan hal ini bisa mengakibatkan memar, nyeri, luka, dan harus ditangani dengan antibiotik dan anti jamur.

 

Baca juga: 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Gigit Kuku

 

Mengubah bentuk gigi

Enggak hanya itu, kebiasaan menggigit kuku  akan membuat efek tak meyenangkan di gigi. "Menggigit kuku akan membuat gigi akan keluar dari posisi awalnya, dan bentuknya akan memburuk," ujar Richard, yang juga menyebut resiko kerusakan gusi dan infeksi di mulut.

 

Lantas, bagaimana caranya menghentikan kebiasaan menggigit kuku  ini? "Akan sulit berhenti tanpa bantuan psikiater atau profesional yang menangani kesehatan mental. Kalau kebiasaan ini masih sedang, ada beberapa produk yang bisa digunakan yang mengakibatkan rasa pahit di kuku. Rasa itu yang mengingatkan untuk berhenti," ujar Richar.

 

Baca juga: Rahasia Kuku Sehat dan Cantik

 

(yetta/tabloidnova.com, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN