Bagaimana Begal Beraksi dan Siapa Sasaran Korban Mereka?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 2 Maret 2015

Bagaimana Begal Beraksi dan Siapa Sasaran Korban Mereka?

Akhir-akhir ini sering mendengar kata begal? Sebenarnya apa itu begal, bagaimana begal beraksi dan siapa sasaran korban mereka? Supaya kita lebih waspada, coba simak ini, deh, girls!

 

(Baca juga: Tips Menghindari Begal Sepeda Motor)

 

Apa itu begal?

Begal adalah komplotan perampok. Mereka biasanya beraksi berkelompok, mulai dari dua hingga belasan orang. Target utama mereka adalah kendaraan bermotor, baik motor ataupun mobil. Ketika merampok, mereka cenderung melukai pemilik kendaraan bermotor yang hendak mereka ambil dengan senjata tajam atau pistol.

 

Bagaimana begal beraksi?

Komplotan begal selalu menarget kendaraan bermotor yang sedang melaju. Mereka beraksi minimal empat orang dengan dua motor, boncengan. Ketika beraksi, mereka memakai pakaian rapi agar tidak terlihat mencurigakan.

 

(Baca juga: Lokasi Rawan Begal di Tangerang, Depok, dan Jakarta)

 

Setelah menemukan sasaran korban yang sesuai kriteria, mereka akan memepet kendaraan korban dari kanan dan kiri. Mereka akan berteriak menyuruh korban untuk menepi, sambil menghunuskan senjata tajam, mengancam untuk melukai kalau tidak mau menuruti perintah. Setelah korban menepi, mereka akan mengambil kendaraan bermotor milik korban.

 

Sasaran korban begal

Menurut pengakuan seorang begal yang tertangkap kepada wartawan Viva.co.id, ada beberapa kriteria sasaran korban begal. Seperti:

1. Remaja, umumnya laki-laki yang membawa kendaraan bermotor.

2. Pengendara yang tubuhnya relatif kecil karena dianggap akan kesulitan melawan.

3. Yang berkendara sendirian.

4. Yang berkendara di jalan yang relatif sepi.

 

(Baca juga: Modus Kejahatan Yang Harus Diwaspadai Saat Menyetir Sendiri)

 

(foto: tumblr.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN