Ayo Periksa Payudara Kita!

Published by : Marti Posted on : Senin, 30 September 2013

Ayo Periksa Payudara Kita!

Banyak banget isu-isu yang beredar tentang kanker payudara. Sebagai cewek, kita juga harus aware dengan isu yang sangat dekat dengan kita ini. Kanker payudara adalah penyakit yang diakibatkan oleh munculnya sel kanker di jaringan tissue di payudara.

 

Kanker ini adalah kanker yang paling umum dialami oleh perempuan, namun bukan berarti laki-laki jauh dari kemungkinan terkena kanker payudara. Kanker payudara biasanya dicurigai dengan adanya benjolan asing di payudara kita. Yayasan Kanker Indonesia mencanangkan gerakan SADARI (PerikSa PayuDara SendiRi), yaitu cara kita mendeteksi apakah ada benjolan asing tersebut di payudara kita. Kita lihat yuk cara-caranya...

 

 1. Angkat tangan

Ketika akan mandi, ada baiknya kita menyempatkan untuk memeriksa payudara kita. Dengan keadaan telanjang, kita angkat tangan kiri kita dengan posisi lurus ke atas. Lalu raba payudara kiri kita dan amati apakah ada benjolan di sekitar payudara. Lakukan gerakan yang sama untuk payudara kanan.

 

2. Area puting

Sekarang kita bisa beralih ke daerah puting payudara kita. Dengan memencet pelan puting dengan jari jempol dan telunjuk, kita bisa mengamati apakan ada cairan tidak biasa yang keluar dari puting kita. Kalau ada cairan yang keluar padahal kita enggak sedang menyusui, kita patut curiga.

 

3. Berbaring

Hampir sama dengan cara yang pertama, hanya saja dilakukan dengan posisi berbaring. Angkat tangan kiri dan rada daerah sekitar payudara sampai ketiak. Lakukan hal yang sama dengan tangan kanan kita.

 

Bagaimana kalau ada benjolan di payudara kita?

Kalau ketika memeriksa payudara kita menemukan benjolan yang tidak normal, kita bisa langsung memeriksakannya ke dokter. Dari situ kita bisa tahu apakah kita terkena kanker payudara atau enggak. Kita enggak perlu langsung kalut kalau tiba-tiba menemukan benjolan, karena itu bisa saja benjolan biasa yang muncul ketika kita menstruasi.

 

PENCEGAHAN

Selain memeriksa bagian payudara kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terkena kanker payudara. Antara lain adalah:

 

Mengatur pola hidup sehat

Dengan makan makanan yang sehat, rendah lemak, dan enggak mengandung zat-zat kimia, kita bisa menjauhkan diri kita dari resiko kanker payudara. Coba juga lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan yang berbahan dasar gandum setiap hari.

 

Olah raga teratur

Semua orang pasti setuju kalau olah raga punya manfaat yang baik bagi tubuh. Olah raga juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di payudara kita. Dengan berolah raga, metabolisme tubuh kita jadi teratur dan seimbang, sehingga hormon esterogen berlebih yang dapat memicu kanker payudara pun dapat terkontrol dengan baik.

 

No smoking

Rokok memang musuh yang berbahaya buat kesehatan tubuh kita. Walaupun rokok lebih banyak dinyatakan sebagai penyebab penyakit jantung, tapi bahan-bahan kimia yang ada di dalam rokok itu sendiri bisa menyebabkan kanker payudara. Zat-zat tersebut bisa merusak sel-sel di dalam tubuh dan memunculkan sel kanker. American Cancer Society, sebuah badan peneliti kanker di Amerika menyatakn beberapa kasus kanker payudara pada perempuan disebabkan oleh pengonsumsian rokok sejak remaja.

 

(audrey, foto: ecouterre.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN