Awas Bahaya Duduk Terlalu Lama!

Published by : Marti Posted on : Kamis, 26 Juni 2014

Awas Bahaya Duduk Terlalu Lama!

Hati-hati, duduk terlalu lama ternyata berbahaya dan enggak baik buat kesehatan tubuh. Buat yang terlalu sering duduk seharian di depan komputer atau TV, sebaiknya mencari aktivitas lain atau menyelingi kegiatan dengan stretching dan berjalan keliling ruangan. Kenapa sih, duduk terlalu lama bisa berbahaya?

 

Meningkatkan Resiko Penyakit

Riset membuktikan, terlalu lama duduk bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya seperti obesitas, sakit jantung atau diabetes. Hal ini karena, kebanyakan dari kita saat duduk punya kebiasaan lain yang dilakukan bersamaan, yaitu ngemil.


Beresiko Penyakit Kanker

Hasil studi yang diberitakan oleh situs GMA Network, dan dipublis oleh Journal of the National Cancer Institute, menunjukan bahwa orang yang sering duduk dalam waktu yang lama bisa beresiko penyakit kanker serius seperti kanker usus, endometrial dan kanker paru-paru. Studi tersebut mengungkapkan pemicu utama masalah ini terjadi karena lifestyle yang enggak sehat saat kita melakukan aktivitas. Seperti merokok, ngemil, terlalu banyak minum kopi atau soda, jarang minum air atau kurang melakukan stretching.

 

Kenapa Terlalu Banyak Duduk Berbahaya

Situs Web MD memberitakan, sampai saat ini belum ada penelitian manapun yang bisa mengetahui secara kenapa duduk terlalu lama bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit serius seperti kanker. Tapi beberapa teori ilmuwan mengungkapkan kalau bahaya dan penyakit ini disebabkan oleh otot kita membakar lemak sedikit dan peredaran darah dalam tubuh enggak lancar. Makanya kita bisa mengalami sakit jantung, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

 

Mudah Lapar

Ternyata, terlalu sering duduk bisa bikin kita cepat lapar. Penelitian yang diungkapkan oleh Barry Braun, PhD, director of the Energy Metabolism Laboratory, Universitas Massachusetts, menjelaskan hal ini memang benar. Dari hasil penelitian yang ditemukan, karena enggak banyak bergerak energi kita cepat keluar. Makanya, kita akan mudah merasa lapar atau kepengin ngemil saat terlalu sering duduk.

 

 

(stefanie, foto: tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN