Aroma Tubuh Berkaitan Dengan Usia Kita (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 10 Juni 2014

Aroma Tubuh Berkaitan Dengan Usia Kita (Bagian 2)

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal PLoS One, orang lain bisa mengungkapkan berapa usia kita hanya dengan mencium aroma tubuh.2Masak, sih ?

 

Baca bagian sebelumnya dengan klik di sini.


Seperti binatang

Pada binatang, para ilmuwan memiliki teori tentang bagaimana bau terkait usia berkaitan dengan kawin dan bagaimana mereka membantu hewan memilih pasangan yang sesuai. Misalnya, aroma tertentu mungkin menunjukkan bahwa laki-laki yang lebih tua lebih diinginkan karena mereka berkontribusi gen yang memungkinkan keturunan untuk hidup lebih lama, sementara perempuan yang lebih tua mungkin dihindari karena sistem reproduksi mereka lebih rapuh.

 

Dalam melakukan penelitian, ilmuwan mengumpulkan sampel bau badan dari orang-orang di tiga kelompok usia. Mereka yang berusia 20-30 tahun sebagai kelompok muda, 45-55 tahun kelompok usia menengah, dan kelompok usia tua berusia 75-95 tahun di mana per kelompok terdiri dari 12-16 orang.

 

Setiap subjek melakukan tes tidur di mana ketiak mereka diisi bantalan selama lima malam. Bantalan ini kemudian dipotong menjadi empat bagian dan ditempatkan ke dalam stoples kaca terpisah.

 

Sekitar 41 orang di kelompok muda diberi dua stoples tes dalam sembilan kombinasi dan diminta untuk mengidentifikasi mana dari sampel itu yang berasal dari orang tua, mengevaluasi bau berdasarkan intensitas, dan kenikmatan bau. Para evaluator juga diminta menebak usia pemilik bantalan itu.

 

Hasilnya ternyata, "Kelompok orang tua menilai bau ketiak orang muda cukup netral dan bahkan sangat tidak menyenangkan," kata Lundstrom. "Ini mengejutkan, mengingat konsepsi populer mengatakan bau orang-orang yang berusia tua lah yang tidak menyenangkan."

 

(ester/tabloidnova.com, foto: dailymail.co.uk)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN