Apakah Kita Terlalu Baik Sama Teman?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 27 November 2013

Apakah Kita Terlalu Baik Sama Teman?

Apa kita terlalu baik sama teman-teman? Kita selalu berusaha menyenangkan semua orang atau istilahnya people pleaser? Enggak salah kok membuat orang lain senang, tapi kita harus hati-hati juga. Karena kalau keseringan malah jelek dan berakibat buruk buat diri sendiri, lho.

 

People pleaser biasanya melakukan banyak hal untuk orang lain agar disukai orang lain. Sebenarnya mereka enggak jahat sih, tapi mereka tujuan hidupnya adalah disukai orang banyak. Tipe yang lain, mereka punya pede yang rendah, jadi dengan melakukan hal-hal yangmenyenangkan orang lain mereka berharap orang akan memperhatikan mereka. Coba cek deh, apa kita termasuk people pleaser?

 

Enggak bisa bilang 'enggak mau'

Kita enggak mau melawan atau membuat orang lain enggak singgung karena kita tahkut orang langsung berpikiran buruk soal diri kita.

 

Sulit punya pendapat pribadi

Kalau orang tanya pendapat kita, jawaban kita cenderung  normatif atau standar. Kadang pendapat kita sesungguhnya bukan pendapat kita sendiri. Kita cenderung menberikan jawaban yang kita rasa orang lain akan suka. Well, punya pendapat pribadi penting lho walau ada resiko pendapat kita beda dengan teman kita.

 

Selalu butuh pujian

Kita selalu menghamburkan puluhan pujian pada teman-teman sekitar kita. Dengan harapan, mereka juga akan memuji kita.

 

Ingin diperhatikan

Mirip dengan butuh pujian, kita bisa sedih atau bad mood kalau eoran genggak memperhatikan kita. Entah itu potongan rambut, atau baju baru kita. Bisa lho, kita jadi enggak suka baju baru kita hanya karena enggak ada seorang pun yang memperhatikan itu. Dalam hati muncul pikiran kalau baju itu jelek dan enggak cocok dengan kita.

 

Paling senang dengan orang baru

Kita paling semangat ketemu orang baru dan pastinya memberikan pujian dan banyak masukan buat mereka. Tapi sebaliknya, pada teman-teman yang udah kita kenal, kita suka malas memberikan masukan atau pendapat.

 

Pendapat orang lain penting

Setiap mengambil keputusan kita selalu berpatokan pada orang lian. Kalau teman-teman kita enggak setuju, bisa jadi keputusan kita pun berubah.

 

(muti, foto: cwtv.com)

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN