Apa Yang Terungkap dari Usia Pertama Kali Menstruasi Tentang Diri Kita?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 28 September 2015

Apa Yang Terungkap dari Usia Pertama Kali Menstruasi Tentang Diri Kita?

Girls, tahukah kamu kalau momen kita mengalami menstruasi pertama kali dipengaruhi oleh berbagai faktor? Contohnya, hormon, berat badan, asupan gizi, bahkan lingkungan sekitar kita. Berlandaskan faktor-faktor tersebut, para peneliti berhasil menemukan beberapa hal tentang kehidupan cewek berdasarkan usia mereka mengalami menstruasi pertama kali. Apa yang terungkap dari usia pertama kali menstruasi tentang diri kita?

 

Baca juga: 7 Persiapan Sebelum Menghadapi Menstruasi Pertama Kali

 

Terlalu cepat mengalami menstruasi bisa berarti ada masalah saat kanak-kanak

Untuk menambah pengetahuan, kita wajib tahu istilah pertama kali menstruasi disebut sebagai menarche (baca: men-ar-kee). Umumnya, usia menarche yang normal adalah 12 dan 13 tahun. Nah, menurut kumpulan penelitian yang ditampilkan dalam Psychology Today, kurangnya perhatian, dukungan, sensitivitas dan keamanan emosional dari orangtua dapat memicu munculnya pubertas pada anak cewek.

 

Enggak hanya masalah keluarga yang mungkin mempengaruhi momen pubertas kita, bisa juga masalah fisik dan kesehatan saat masih kanak-kanak. Menurut sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 80 ribu cewek, pubertas dini juga bisa menunjukkan adanya masalah sewaktu kanak-kanak seperti kurang berolahraga atau mungkin obesitas saat masih kecil.

 

Baca juga: Usia 17 Tahun Tetapi Belum Pernah Menstruasi, Normalkah?

 

Terlalu cepat atau terlalu lama mendapat menstruasi pertama bisa berarti risiko penyakit jantung

(foto: Loryn Brantz untuk Buzzfeed)

Apa yang dikatakan umur menstruasi pertama kita jika itu terjadi di luar usia normal? Misalnya, sebelum usia 10 atau setelah usia 17? Ternyata, penelitian Universitas Oxford pada 2014 menunjukkan kalau kita bisa punya risiko penyakit jantung di usia tua nanti. Penelitian itu menemukan jika seseorang mengalami menstruasi pertama kali di luar usia normal, maka kita punya kemungkinan 27 persen lebih banyak dari kelompok usia menstruasi normal untuk terkena penyakit jantung atau stroke. Kenapa bisa begitu?

 

Peneliti berpikir kalau hal itu bisa saja terjadi karena saat kita mendapat menstruasi pertama kali, usia kita terlalu muda atau malah terlalu tua. Sehingga, berat tubuh saat itu yang kemudian didukung juga dengan tekanan darah kita saat itu memberi pengaruh pada proses aliran darah ke jantung.

 

Baca juga: Mengenali Perbedaan Dan Macam-Macam Pembalut Menstruasi


Menstruasi sebelum usia 12 tahun bisa berarti lebih berisiko kanker payudara

Kalau kita mengalami menstruasi pertama kali di usia sebelum 12 tahun, kita mungkin harus memperhatikan kesehatan payudara, girls. Penelitian mengungkapkan, seperti tercantum di buku Epidemiology and Prevention of Breast Cancer, risiko terkena penyakit kanker payudara lebih besar 20 persen untuk cewek-cewek yang mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun.

 

Apa faktor utama yang bisa memicu hal tersebut? Hormon kita sebagai cewek. Yang perlu kita tahu, kanker payudara memang sangat rawan dialami para cewek. Yang bikin anak cewek menstruasi perdana di bawah 12 tahun lebih rentan adalah karena kita lebih banyak mengalami dan memproduksi hormon estrogen dan hormon lain yang muncul selama menstruasi dalam hidup kita setiap bulannya. Semakin sering hormon kita muncul ternyata semakin rentan kanker payudara muncul.

 

Baca juga: 4 Tips Menghindari Jerawat Ketika Menstruasi

 

Terlalu cepat mengalami menstruasi berarti kita lebih berisiko jadi korban bullying?

(foto: Loryn Brantz untuk Buzzfeed)

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Michigan menemukan kalau anak cewek yang terlalu cepat mengalami menstruasi ternyata lebih berisiko mengalami bullying, depresi dan perilaku agresif. Risiko ini lebih dialami ketika kita berada di usia tersebut. Hal itu diakibatkan oleh perubahan fisik yang berbeda dari anak-anak lain. Kita jadi diperlakukan berbeda oleh teman sekelas di sekolah.

 

Baca juga: Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi

 

(natasha, sumber: bustle.com, foto: Loryn Brantz untuk Buzzfeed)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN