Apa Sih Random Act of Kindness?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 7 Juli 2013

Apa Sih Random Act of Kindness?

Random Act of Kindness adalah suatu kegiatan baik yang enggak direncanakan dengan detail, dan terjadi begitu saja. Tindakan yang enggak mengharapkan balasan apapun ini biasanya bertujuan untuk berbagi kebahagiaan. Suatu kegiatan kecil yang bisa mengubah dunia jika dilakukan bersama secara terus menerus.

 

Sejarahnya

Dikatakan ungkapan Random Act of Kindness ini diciptakan oleh Anne Herbert, seorang penulis cewek Amerika. Katanya dia pernah menulis suatu kalimat di tatakan makan sebuah restoran bernama Sausalito, sekitar tahun 1982-1983. Kalimat tersebut berbunyi "Practice random kindness and senseless acts of beauty, " kurang lebih, artinya adalah 'lakukanlah kebaikan tanpa mengharap imbalan dan keindahan yang enggak memikirkan diri sendiri'.

 

Dikenal di berbagai Negara

Kini, Random Act of Kindness sudah banyak dilakukan oleh berbagai orang dan komunitas. Salah satunya adalah aksi peluk gratis yang dimulai oleh seorang cowok Australia yang disebut  dengan nama 'Juan Mann'. Pada 1 Desember 2004, Juan memulai aksi ini sebagai sebuah Random Act of Kindness di Pitt Street Mall, sebuah tempat belanja yang terletak di tengah kota Sydney.

 

Pada tahun 2006, aksi ini kemudian dipopulerkan melalui video klip di Youtube oleh sebuah band asal Australia, yang bernama Sick Puppies. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan sedikit semangat bagi setiap orang untuk menjalani harinya.

 

Kampanye besar

Selain itu, pada 16 Juli 2008, BBC melakukan launching sebuah kegiatan yang dinamakan One Million Random Acts of Kindness Campaign. Sebuah kampanye yang mendorong orang-orang untuk melakukan Random Act of Kindness (RAK), kemudian memberikan sebuah kartu RAK kepada mereka yang mendapat kebaikan itu, dengan tujuan, si penerima bisa meneruskan kegiatan baik ini ke orang lain, dan begitu seterusnya. Kartu RAK ini bisa diprint langsung dari situs kampanye ini.

 

Kita bisa melihat berbagai ide kebaikan yang bisa jadi inspirasi untuk Random Act of Kindness ala kita sendiri. Kita juga bisa saling berbagi cerita kebaikan antar satu sama lain. Tertarik untuk mencoba, girls?

 

(uswatun, foto: foxnews.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN