Apa Sih Itu Indera Ke-Enam dan Apa Aja Jenisnya?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 29 September 2014

Apa Sih Itu Indera Ke-Enam dan Apa Aja Jenisnya?

Meski belum terbukti secara ilmiah, tetep aja indera ke-enam alias sixth-sense dianggap sebagai fenomena nyata. Apa sih itu indera ke-enam dan apa aja sih jenisnya?

 

(Baca juga: Baca Konsep Diri Dari Moon & Rising Sign)

 

Indera ke-enam

Secara harafiah, sixth-sense diartikan sebagai indera ke-enam yang dimiliki manusia. Seperti yang kita tahu, manusia cuma punya 5 indera: hidung, mata, telinga, kulit, dan lidah. Konon, di samping itu semua ada satu indera yang selama ini enggak kita ketahui.

 

 

Tapi jangan heran kalau indera ke-enam ini rada kabur. Wujudnya emang enggak kasat mata. Dari beberapa artikel disebutkan kalau indera ini berada jauh dalam tubuh kita. Atau rada tepatnya di alam bawah sadar kita. Makanya soal indera satu inie nggak bisa dijelaskan secara ilmiah dan hingga kini masih dianggap sebagai konsep.

 

(Baca juga: Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata)

 

Meski begitu, enggak sedikit yang mempercayai kebenaran adanya kemampuan ini. Apalagi kemunculannya tuh udah lama banget. Inget nggak sama sosok yang bernama Nostradamus?

 

Sosok yang hidup sekitar 5 abad tahun lalu ini diyakini memiliki indera ke-enam yang kuat banget. Pasalnya dia mengeluarkan sejumlah ramalan yang beberapa rada tepat dengan kenyataan. Lantas ada juga sejumlah teman kita yang mengaku bisa melihat hal-hal yang kasat mata. Semua kemampuan ini bagian dari sixth-sense.

 

(Baca juga: Ramalan Bintang, Percaya Atau Enggak)

 

Apa aja jenisnya?

Dalam parapsychology (ilmu yang mempelajari fenomena ini), sixth sense atau disebut juga ESP (Extra Sensory Perception) terbagi dari beberapa cabang, yaitu:

 

 

Telepathy 
Kemampuan buat membaca pikiran

 

Clairvoyanc 
Kemampuan melihat peristiwa yang terjadi di tempat lain

 

Precognition 
Kemampuan meramalkan kejadian yang akan datang

 

Retrocognition 
Kemampuan melihat peristiwa di masa lampau

 

Mediumship 
Kemampuan menggunakan roh sebagai medium

 

Psychometri 
Kemampuan buat menggali informasi lewat sebuah benda.

Tapi mungkin yang lebih populer buah kita sixth-sense adalah sesuatu yang nggak jauh dari kemampuan meramal serta melihat hal-hal gaib.

 

Malah kadang kita sendiri mungkin nggak sadar kalau kita pernah menggunakan kemampuan sixth-sense itu sendiri. Contohnya, buat main tebak-tebakan atau kali aja kita pernah iseng main jelangkung. Hiii.

 

(Baca juga: Aku Enggak Berbakat?)

 

(ega/hai-online.com, foto: tumblr.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN