Apa Sih Diabetes?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 April 2013

Apa Sih Diabetes?

Siapa, sih, yang bisa menahan godaan coklat, permen, dan minuman ringan? Yummy banget, kan. Tapi yang manis itu enggak selalu manis efeknya. Hati-hati diabetes, remaja juga bisa kena, lho!

 

Hormon insulin

Di dalam tubuh kita terdapat banyak hormon yang salah satunya adalah hormon insulin. Insulin diproduksi oleh pankreas untuk menyeimbangkan tingkat glukosa. Jadi insulin adalah semacam gula dalam tubuh yang menyediakan energi di dalam aliran darah kita.

 

Kalau tingkat glukosa dalam tubuh kita berlebihan maka akan mengganggu sistem metabolisme. Penyakit ini yang disebut dengan diabetes. Untuk itu penderita diabetes membutuhkan suntikan insulin untuk bisa menyeimbangkan tingkat glukosa dalam tubuh.

 

Biasanya orang yang terkena diabetes akan selalu merasa lapar, tapi tidak menambah nafsu makan sehingga berat badan semakin berkurang, terus-menerus ingin buang air kecil dan selalu merasa haus.

 

Types of diabetes

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebabkan kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Padahal hormon insulin diperlukan untuk mempertahankan tingkat glukosa yang normal dalam darah.

 

Gejala orang yang terkena diabetes tipe 1 adalah berkurangnya berat tubuh secara drastis dalam waktu beberapa hari. Orang yang terkena diabetes tipe 1 harus menyuntik insulin setiap hari untuk bertahan.

 

Diabetes tipe 1 ini biasanya menyerang orang yang masih muda, seperti remaja. Biasanya remaja terdiagnosis diabetes tipe 1 ini pada usia 14 tahun.

 

Diabetes tipe 2

Biasanya orang yang terkena diabetes tipe 2 pada usia pertengahan atau lanjut. Tipe ini lebih disebabkan hormon insulin dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa mengontrol glukosa dalam darah.

 

Orang yang terkena diabetes tipe 2 biasanya memiliki berat tubuh yang berlebihan atau obesitas. Tingkat insulin pada  diabetes tipe 2 biasanya normal atau lebih tinggi dari orang rata-rata tapi sel-sel dalam tubuh kurang berfungsi untuk meresponnya.

 

Fakta soal diabetes

Diabetes bisa meyebabkan serangan jantung, stoke, kebutaan, gagal ginjal, kerusakan saraf, bahkan impoten. Aduh, seram, ya.

Kalau kita terlalu banyak mengkonsumsi gula, kita mungkin terkena diabetes. Diabetes juga bisa menyerang pada waktu remaja, lho.

Kalau kita bisa menjaga tubuh kita dengan baik, diabetes bisa ditunda atau bahkan dihindari.

Minuman ringan mengandung gula yang kadarnya besar sekali.

 

(naomi, foto: sheknows.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN