Apa Sih Autisme?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 26 April 2013

Apa Sih Autisme?

Sering mendengar teman mengatakan kata "autis" tapi enggak terlalu mengerti apa sih sebenarnya autis itu? Autisme adalah kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.

 

Orang dengan autisme memiliki ciri-ciri:

 

Cuek abis

Kalau sudah fokus sama satu hal, dia enggak bakal peduli sama hal lain di sekelilingnya. Dipanggil seratus kali pun dia enggak bakal bereaksi.

 

Detail

Tertarik pada hal-hal kecil unik yang biasanya enggak menarik perhatian orang kebanyakan. Misal mereka bisa fokus berjam-jam cuma buat memerhatikan putaran kipas angin.

 

Kebiasaan aneh

Melakukan satu kebiasaan berkali-kali dan dalam jangka waktu lama. Misal menggoyang-goyangkan tangannya.

 

Peraturan aneh

Suka banget menjejerkan atau menumpuk benda-benda di sekitarnya dengan rapi. Dan enggak suka kalau posisi barang-barangnya berubah.

 

Minim respon

Responnya enggak tepat, misal tertawa saat kita lagi ngomongin soal kecelakaan. Dan jarang mengekspresikan dirinya.

 

How to be their friend

Penderita autisme memang agak terbatas kemampuan sosialnya, jadi kita harus siap sering dicuekin. Tapi jangan bosan untuk menyapa dia, meski mungkin kita enggak akan mendapat balasan.

 

Mereka mungkin memang enggak bisa jadi teman curhat, tapi kalau cuma ngobrolin topik-topik ringan seperti apa menu sarapan kita hari itu, dia masih bisa kok... Kita juga bisa memerhatikan hal-hal yang menarik perhatian mereka, siapa tahu bisa jadi bahan obrolan.

 

Dukung gerakan untuk tidak menggunakan kata 'autis' secara sembarangan. Misal buat ngeledek teman yang sibuk sendiri dengan gadget mereka. Autism is definitely not a joke, darling.

 

(naomi, foto: journal.livingfood.us)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN