Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 29 Oktober 2014

Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? (Bagian 2)

Perubahan cuaca dan lingkungan,bisa membuat kita terkena alergi. Kenali penyebabnya dulu biar enggak menderita kepanjangan. Apa sih alergi? Dan apa penyebabnya?

 

(Baca juga: Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? Bagian 1)

 


Makanan

Ini nih salah satu yang bisa mengganggu kesenangan berwisata kuliner. Ada sejumlah makanan yang bisa menyebabkan alergi seperti seafood, ikan, kacang-kacangan, telur dan dairy product.  Tiap orang kadarnya berbeda-beda. Ada yang alergi pada satu jenis makanan tapi ada juga yang lebih dari satu. 

 

Namun di jaman modern ini alergi makanan sering disebabkan oleh cara makanan dikemas dan zat pengawetnya.  Beberapa pengawet yang bisa menyebabkan alergi antara lain; MSG, zat pemanis dan pewarna makanan. Hati-hati dengan makanan yang terlalu berwarna-warni, kemungkinan zat pewarnanya tinggi dan bisa menyebabkan alergi. Snack-snack manis dan gurih juga kemungkinan mengandung banyak MSG dan pemanis.

 

Kalau kita suka seafood dan ikan, perlu memperhatikan kesegarannya. Seafood dan ikan yang lama disimpan dalam lemari pendingin mengeluarkan racun histamine yang tinggi dan membuat alergi.

 

(Baca juga: Miley Cyrus Alergi Gluten)

 

Serbuk sari

Setiap perubahan musim, pasti ada daun, rumput dan bunga yang tumbuh. Mereka mengeluarkan partikel kecil yang disebut dengan serbuk sari (pollen). Buat beberapa orang, serbuk tumbuhan ini bisa menimbulkan alergi.

 

Cirinya gampang banget, kalau kita bersin-bersin saat berada di alam terbuka yang banyak pohon, rumput dan bunga-bunga artinya kita alergi terhadap serbuk sari. Alergi yang parah bisa membuat kita pusing dan sesak nafas. Sulitnya, serbuk sari itu enggak keliatan tapi tiba-tiba aja kita kena alergi.

 

Untuk mencegah alergi ini bawa selalu masker.  Bersihkan dengan baik hidung karena hidung bisa diibaratkan seperti saringan tubuh. Banyak serbuk sari yang bisa menempel disitu. Jangan lupa bawa pembersih tangan atau rajin cuci tangan setiap kita sudah berada di tempat terbuka.

 

(Baca juga: Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami)

 

Pentingnya daya tahan tubuh

Last but not least, rentannya kita kena alergi atau enggak sangat dipengaruh oleh daya tahan tubuh. Seperti benteng, kalau daya tahan tubuh kuat, berada dalam situasi apa pun kita enggak kena alergi. Kalaupun terkena alergi, tubuh akan  pulih dengan cepat.

 

Jadi rahasia paling penting biar kena alergi adalah, menjaga tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan sesedikit mungkin junk food, tidur cukup dan olah raga. Kalau semua itu terpenuhi, alergi pun ogah mampir.

 

(Baca juga: Manfaat Wortel bagi Kecantikan Kulit dan Rambut)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN