Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 29 Oktober 2014

Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? (Bagian 1)

Perubahan cuaca dan lingkungan,bisa membuat kita terkena alergi. Kenali penyebabnya dulu biar enggak menderita kepanjangan. Apa sih alergi? Dan apa penyebabnya?

 

(Baca juga: Cara Menghilangkan Gatal Secara Alami)

 

Apa sih alergi?

Alergi merupakan kondisi dimana tubuh enggak punya daya tahan tubuh  sesuatu hal. Tiap orang punya tingkat daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Makanya ada orang yang mudah alergi dan ada juga yang tahan banting.

 

Beberapa bagian tubuh  yang rentan pada alergi antara lain, mata, hidung, paru-paru, kulit dan pencernaan. Makanya reaksi alergi biasanya enggak jauh-jauh dari mata merah dan berair, sesak nafas, kulit memerah dan gatal-gatal, sakit perut, mual dan diare.

 

(Baca juga: Mitos Tentang Pengaruh Sinar Matahari Pada Kulit)

 

Sinar matahari

 

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab alergi.  Apalagi sekarang pemanasan global makin menggila, sinar matahari tidak seramah lima atau sepuluh tahun lalu. Perhatikan deh, kalau siang hari kadang sengatan sinarnya bisa membuat kita pusing.  Ini terjadi karena sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet.

 

Sun burn (atau kulit terbakar) adalah salah satu gejala alergi ringan. Cirinya kulit terasa merah , terbakar dan setelah beberapa saaat akan terasa perih. Sun burn juga bisa membuat kulit lecet dan bengkak. Orang-orang yang berkulit putih cenderung lebih kena sun burn dibandingkan kulit yang berwarna gelap. Jadi pastikan selalu kita selalu menggunakan sun screen, termasuk saat kita berada di dalam ruangan.

 

Biar bagaimana pun, kita pasti sempat keluar ruangan dan bersentuhan dengan cahaya matahari juga kan?  Kalau niat sepanjang hari di luar ruangan pastikan membawa topi atau  payung. Walau keliatannya sok gaya-gayaan, boleh banget lho kita menggunakan kaca mata hitam saat berjalan di tengah terik matahari.

 

(Baca juga: 6 Cara Enggak Terkena Alergi Makeup)

 

Kosmetik

Salah satu hal yang umum dialami cewek adalah alergi kosmetik. Yang perlu diketahui adalah kosmetik itu terbuat dari bahan-bahan kimia. Salah satu bahan kimia yang ada dalam kosmetik adalah formaldehyde. Zat ini kalau bereaksi dengan kulit bisa menimbulkan alergi. Dan kalau bicara soal kosmetik, harga kadang enggak bohong.

 

Kosmetik murahan sering mengandung banyak zat kimia yang belum teruji keamanannya. Jadi hati-hati kalau kita suka bereksperimen dengan kosmetik.

Satu merek kosmetik kadang menghasilkan reaksi yang berbeda pada tiap orang. Merek A cocok buat teman kita tapi belum tentu cocok buat kita.

 

Saat mencoba kosmetik baru, oleskan sedikit pada siku dan tunggu reaksinya 48-72 jam. Kalau kulit jadi merah dan gatal, artinya kita alergi pada merek itu. Hati-hati juga dengan kosmetik yang sudah lama, ini juga bisa membuat kulit alergi.

 

(Baca juga: Apa sih Alergi? Dan Apa Penyebabnya? Bagian 2)

 

(muti, foto: tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN