Apa Penyebab Seseorang Menderita Bipolar?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 19 Agustus 2014

Apa Penyebab Seseorang Menderita Bipolar?

Sebentar depresi, kemudian bisa gembira tanpa sebab yang jelas. Yap, penderita bipolar  memang jelas tersiksa dengan perasaan seperti ini. Tapi, sebenarnya apa sih penyebab seseorang menderita bipolar?

 

"Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui secara pasti," jawab Dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K), ahli kejiwaan dari RS. dr. Cipto Mangunkusumo. Namun demikian, ada beberapa faktor risiko yang bisa memicu gangguan kejiwaan ini.

 

(Baca juga: Apa Sih Bipolar Itu?)

 

Berikut di antaranya:

Faktor Biologis

Kehamilan trimester satu dan dua merupakan masa krusial dalam perkembangan otak janin. Ibu hamil yang mengalami gangguan seperti kekurangan oksigen, keracunan, terpapar infeksi virus, dll berpotensi melahirkan anak dengan 'bakat' bipolar.


Faktor Keturunan

Sejarah keluarga yang memiliki gangguan kejiwaan seperti skizofernia, maupun orang tua yang melakukan  penyalahgunaan obat terlarang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami bipolar.


(Baca juga: Hati-hati Gangguan Bipolar)

 

Faktor stress

Tekanan/stress pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan perubahan kimiawi pada otak, sehingga tidak sama dengan orang yang normal. Trauma bully, pelecehan seksual, kekerasan, dan lain-lain yang terjadi dalam waktu yang lama bisa begitu membekas. Meskipun tidak terdeteksi ketika kecil, stress pada usia dewasa biasanya akan memicu timbulnya gangguan bipolar.


Penyalahgunaan narkoba

Bahaya narkoba ternyata sampai ke tahap ini. Seseorang yang mencari pelarian dari depresi dengan menggunakan alcohol/narkoba biasanya akan mengalami ketergantungan. Bipolar yang terjadi akibat narkoba disebut bipolar sekunder. Gangguan ini umumnya tidak terdeteksi, karena sulit dibedakan dengan drug addiction itu sendiri. 

 

(Baca juga: Beberapa Artis yang Mengidap Gangguan Bipolar)

 

(gitarama/hai, foto: tumblr.com) 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN