Apa Kita Sering Makan Karena Stress?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 3 September 2014

Apa Kita Sering Makan Karena Stress?

Suka heran kalau lagi stress dan lelah bawaannya lapar melulu? Well, banyak cara untuk mengatasi stress dan sering terjadi tanpa sadar tubuh kita mencari pelampiasan. Makanan adalah salah satu cara yang paling gampang untuk membuat tubuh nyaman. Akibatnya, saat stress selalu ada keinginan untuk makan. Kalau kejadian seperti ini sering terjadi, lama-lama enggak sehat juga,lho. Ada beberapa cara untuk mengatasinya

Sadari polanya

Coba ingat-ingat kapan saat stress yang membuat kita lapar? Apa ada peristiwa atau tempat tertentu yang membuat kita stress dan ingin makan. Misalnya setiap datang ke tempat les? Saat ujian matematika? saat sedang sendirian di rumah? Dengan mengetahui dengan tepat kapan kita mengalami stress ini, kita akan bisa mengantisipasinya.

 

Sebenarnya lapar atau enggak?

Baru aja kita makan siang tapi setengah jam kemudian kita udah lapar lagi? Coba tanya benar-benar kita lapar atau enggak?  Kadang-kadang rasa lapar itu adanya di otak. Jadi kalau kita berkata kita lapar, yang terjadi ya kita jadi lapar. Hitung kapan jam terakhir kita makan? Kalau jaraknya baru sekitar 30 - 2 jam makan, kita udah lapar, sebenarnya itu belum lapar banget. Kita bisa ahlikan pikiran pada hal-hal lain. Misalnya, dari pada duduk di meja dan kepala penuh dengan kata lapar, kita bisa ganti jalan-jalan sebenar. Melakukan kegiatan yang bergerak bisa membuat lupa rasa lapar. Kita juga bisa, ganti dengan minum air mineral.

 

Pilih makanan yang benar

Ada beberapa jenis makanan yang membuat kita kecanduan dan bikin cepat lapar. Salah satunya adalah makanan yang terbuat dari terigu atau mengandung gula. Jadi kalau kita nyemil cookies, cake, permen, ice cream atau cokelat, rasa lapar akan cepat menghampiri.  Sebaliknya, makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan enggak membuat kita kecanduan. Ketika ingin ngemil, pilih deh buah-buahan atau kacang-kacangan. Jenis ini bisa memberi rasa kenyang tapi enggak nyandu.

 

Lokasi yang tepat

Ada istilah lokasi menentukan prestasi. Ini berlaku juga dengan makanan. Lokasi menentukan lapar atau enggak. Ingat-ingat deh, kalau kita berjalan di food court pasti tanpa sadar jadi pingin makan. Begitu juga saat di rumah. Kita melihat deretan kaleng cemilan, otomatis tangan meraihnya untuk makan. Jadi auhkan diri dari tempat-tempat yang ada makanannya. Kita bisa nongkrong di perpustakaan, taman atau tempat lain yang jauh dari lokasi makanan.

 

Minum

Minum air mineral dan teh hangat bisa memberikan efek menenangkan sehingga kita enggak jadi lapar dan pingin ngemil. Pilih deh teh camomile, pepermint tea yang rasanya nikmat dan bikin kita rileks.

 

(muti, foto: tumblr)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN