Apa Itu Transgender?

Published by : Marti Posted on : Kamis, 20 Maret 2014

Apa Itu Transgender?

Istilah transgender pasti pernah kita dengar atau kita temukan di berbagai media. Kita juga mungkin pernah melihat sosok cowok atau cewek yang enggak sesuai perilaku atau penampilannya dengan jenis kelaminnya sendiri. Hmm, apakah itu yang disebut sebagai transgender?

 

Merasa beda dari jenis kelaminnya

Transgender adalah istilah yang dipakai buat orang yang cara berperilaku atau berpenampilan berbeda atau tidak sesuai dengan jenis kelaminnya. Misal, cewek yang terlihat seperti cowok atau sebaliknya, cowok yang terlihat cantik seperti cewek. Walau ia merasa atau terlihat berbeda, kita enggak bisa langsung mengatakan kalau orang itu adalah seorang penyuka sesama jenis.

 

Kenapa bisa terjadi?

Transgender bisa disebabkan beberapa hal. Pertama, transgender bisa ada karena lingkungan sosial tempat ia tinggal membentuk hal itu. Kedua, karena enggak ada pendidikan moral yang baik saat ia kecil terutama dari keluarga.

 

Bedanya dengan transeksual

Transgender berbeda dengan transeksual. Transeksual adalah orang yang secara biologis merasa identitas gendernya berbeda dengan jenis kelaminnya. Biasanya, mereka merasa kalau diri mereka terjebak dalam tubuh atau fisik yang salah. Misal, cowok yang merasa kalau ia sebetulnya adalah seorang cewek yang terperangkap dalam fisik laki-laki. Makanya, cowok transeksual punya kecenderungan untuk menyukai sesama jenis daripada seorang transgender.

 

(nana, foto: ctvnews.ca)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN