Anti Ngantuk di Kelas

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 14 Maret 2013

Anti Ngantuk di Kelas

Suara guru di kelas sering kali terdengar kaya dongeng pengantar tidur ya? Apalagi kalau semalam kurang tidur atau sudah perut sudah kenyang makan saat istirahat. Kalau sudah gitu penginnya tidur lelap, tapi apa daya masih jam pelajaran. Hi-hi-hi.

 

Walau yang namanya ngantuk di kelas itu susah buat dihindari, tapi setidaknya dengan terus aktif di kelas membuat rasa kantuk hilang.

 

Stay Active:

 

Mencatat atau membuat highlight

Biar pikiran dan tangan tetap sibuk, catat materi yang diterangkan guru. Biar enggak bosan buat catatan yang rapih dan bagus dengan menambahkan warna warni pakai spidol atau pewarna lainnya. Atau kalau enggak perlu mencatat, boleh membuat highlight di buku pelajaran dengan memberi warna yang lucu pakai stabilo, spidol atua bahkan pensil warna biar seru.

 

Tanya jawab

Saat guru menerangkan, coba buat lebih interkaktif dengan bertanya dan kalau bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Enggak usah jaim atau takut disebut sok rajin atau cari perhatian. Kalau memang enggak ngerti langsung tanyakan saja, asal bukan sesuatu yang enggak penting atau sudah dijelaskan. Dengan menjawab pertanyaan dari guru, otak kita jadi terus berpikir, jadi enggak ada kesempatan buat ngantuk.

 

Bikin kontak mata

Kalau situasi di kelas sepi, enggak ada salahnya bikin kontak mata dengan teman, dan senyum sebagai isyararat kalau kita lagi ngantuk banget. Lumayan bisa bikin segar.


Sedikit Diskusi

Biar lebih seru enggak ada salahnya mengomentari apa yang diterangkan guru dengan teman sebangku atau guru dan teman-teman sekelas. Jadi bisa lebih interaktif, asal jangan jadi keasyikan ngobrol dengan teman sebangku ya.


Stay Alive

Ajak tubuh kita bangun dengan cara:

 

1. Disko darurat, yaitu goyang-goyang kaki agar tetap terjaga

2. Tepuk atau cubit pipi biar tetap sadar

3. Kedi-kedip beberapa kali agar mata enggak lelah dan enggak sempat ngantuk.

4. Cuci muka, dengan air dingin bisa menyegarkan kembali mata dan pikiran kita.

5. Pijat bagian telapak tangan dibawah ibu jari dengan cukup keras.

6. Tarik nafas  dalam-dalam dan minum air putih agar ada oksigen masuk ke otak. Karena mengantuk biasanya disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam otak.

 

(lisa/aisha, foto: realclearscience.com)

 

Tags : better me studi

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN