Aman Mengunduh di Internet

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 23 April 2013

Aman Mengunduh di Internet

Mengunduh udah jadi kebiasaan kita. Apalagi mengunduh aplikasi. Menurut data survei yang dilakukan gramedia majalah dan IPSOS (IHI 2013) terhadap 3.000 pembaca perempuan, 31% responden mengaku pernah mengunduh aplikasi: 80%-nya mengunduh  aplikasi musik, 45% game, 20% video&audio, dan 14% media atau berita (majalah atau tabloid). Sementara mereka yang sengaja mengunduh aplikasi untuk mencari referensi adalah 62% dari total responden. Hmm, banyak banget ya?

 

Gara-gara mengunduh, enggak jarang perangkat lunak alias gadget yang kita gunakan terancam dari berbagai 'penyakit' dunia maya. Penyakit-penyakit itu bisa bikin gadget atau komputer kita 'lemot', enggak bisa menyimpan data, atau bahkan rusak. Duh!

 

Biar gadget kita awet dan enggak gampang terserang penyakit, yuk belajar mengunduh dengan aman!


Dari situs resmi

Para pelaku kejahatan biasanya membuat perangkap dengan menyamar sebagai situs atau aplikasi tertentu. Lewat mesin pencari, enggak jarang kita tergiring ke situs atau aplikasi non resmi tersebut. Meski situs atau aplikasi tertentu itu dideteksi punya traffic tinggi di internet, enggak jarang beberapa diantaranya bervirus. Makanya, selain kita terbebas dari masalah hak cipta, mengunduh dari situs resmi terbukti paling aman.

 

Perhatikan extension

Untuk mencegah terjangkitnya virus, spyware, malware dan sebagainya, disarankan bagi kita untuk hati-hati memilih file yang akan diunduh. Usahakan memilih file dengan extension kompresi kayak ZIP atau RAR karena keamanannya lebih terjaga. Dan hati-hati terhadap file ber-extension .exe.

 

Rutin update antivirus

Semua antivirus sebenarnya sama baiknya, tergantung seberapa sering kita mengupdate antivirus tersebut. Apalagi kalau peranti lunak kita terhubung dengan internet. Ada beberapa virus yang muncul setiap hari bahkan tiap jam. Karena itu rutin meng-update antivirus itu penting, girls. Biasanya antivirus akan mengunduh update-annya sendiri. Bisa setiap hari atau beberapa hari sekali. Tergantung bagaimana kita mengaturnya.

 

Scan url

Gunakan layanan dari situs yang menganalisis file dan URL yang mencurigakan secara cepat. Contohnya situs Virus Total (www.virustotal.com). Situs ini didukung 17 program antivirus ternama. Untuk mendapatkan fasilitas ini, kita cukup melakukan registrasi sebagai member pada situs ini, maka kita udah bisa langsung mendeteksi  file komputer atau file url pada sebuah situs yang akan kita unduh.

 

(dea, foto: telegraph.co.uk)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN