Alat-Alat Untuk Membuat Bento dan Cara Memakainya

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 20 Juli 2014

Alat-Alat Untuk Membuat Bento dan Cara Memakainya

Untuk bisa membuat bento yang cute kita perlu melengkapi diri dengan alat-alat yang tepat. Dijamin bekal kita makin menggugah selera!

 

Supaya bekal kita enggak membosankan, kita bisa berkreasi dengan membuat bento berbentuk lucu. Enggak perlu keahlian khusus, kok. Yang kita butuhkan hanyalah sejumlah alat sederhana yang dengan mudah didapatkan di toko-toko khas Jepang. Harganya pun bervariasi, mulai Rp30 ribu hingga Rp200 ribu. Tinggal pilih yang sesuai dengan budget. Itadakimasu.

 

(Baca juga: Resep Cute Pilots Head Bento)

 

Egg molds

Alat pembentuk telur ini terdiri atas berbagai bentuk. Pilih telur rebus dengan ukuran sedang. Sebelum telur direbus, coba tes ukurannya dengan cara memasukkannya dalam cetakan. Setelah direbus, segera kupas telur dalam air agar permukaannya mulus.

 

Dalam kondisi yang masih panas, segera masukkan telur rebus ke dalam cetakan. Tutup hingga rapat dan rendam dalam air sekitar 5-10 menit, lalu lepaskan telur dari cetakannya.

 

(Baca juga: Aneka Bentuk Bento Unik)

 

Animal onigiri molds

Dengan animal onigiri molds ini, selain bentuknya yang cute, kita juga bisa mengatur jumlah porsi nasi yang kita bawa. Cocok buat yang mau diet, hi-hi-hi. Agar terbentuk dengan baik, gunakan nasi yang masih panas. Nasi Jepang yang lunak dan lengket memang paling baik. Tapi nasi yang tersedia di rumah pun bisa digunakan.

 

Basahi wadah animal onigiri dengan air matang. Lalu masukkan nasi panas ke dalamnnya. Tekan dengan tangan agar wadah terisi nasi sampai padat. Kalau kita mau, boleh juga diisi dengan berbagai lauk. Misalnya, suwiran daging ayam/sapi, kornet, abon, atau tumisan sayur.

 

Caranya, isi nasi hingga setengah bagian, masukkan lauk/sayur sesuai keinginan lalu timpa lagi dengan nasi hingga padat. Variasi lain, kita bisa juga memasukkan nasi goreng, nasi kuning atau nasi uduk.

 

(Baca juga: Cute Bento Sandwich)

 

Bread cutter

Alat yang satu ini cocok untuk kita yang suka bawa bekal roti. Kita bisa memilih yang berbentuk kotak atau berbentuk kepala binatang. Untuk yang berbentuk kotak, bisa diisi berbagai isian sesuai keinginan kita, mulai dari telur hingga tuna.

 

Pertama, letakkan sehelai roti pada cetakan lalu pada bagian tengah masukkan isi yang kita inginkan dan timpa dengan sehelai roti lagi. Barulah tutup dengan bread cutter dan tekan sekeras mungkin hingga pinggir roti terpotong. Lepaskan dari cetakan, rapikan pinggir roti dengan pisau.

 

Untuk yang berbentuk kepala binatang, caranya juga mirip dengan cetakan kotak. Bedanya model ini lebih cocok untuk roti tanpa isi atau yang hanya diisi olesan selai tipis. Caranya, satu atau dua helai roti kita susun dan gunakan bread cutter untuk membentuknya. Tekan sekeras mungkin agar roti terpotong dengan baik.

 

(muti, foto:  kawaiifoods.com)

 

Tags : life tips resep bento

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN