Alasan Kenapa Pengguna Behel Perlu SIkat dan Pasta Gigi Khusus

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 15 Desember 2015

Alasan Kenapa Pengguna Behel Perlu SIkat dan Pasta Gigi Khusus

Pengguna kawat gigi atau behel biasanya mengalami kesulitan untuk membersihkan sela-sela gigi. Padahal, gigi perlu dijaga kebersihannya agar tetap sehat. Untuk itu, ada sikat gigi dan juga pasta gigi khusus bagi pengguna behel. Dokter Gigi Spesialis Ortodonti Dwi Anie Lestari mengatakan, sikat gigi khusus pengguna behel diperlukan agar bisa membersihkan gigi lebih maksimal.

(foto: look.co.uk)

 

(Baca juga: Mitos Salah Soal Kawat Gigi Yang Harus Kita Pahami)

 

Kenapa sikat gigi khusus?

"Kalau ada yang pakai sikat gigi biasa suka enggak bersih. Pakai sikat gigi khusus, biasanya gusi dan gigi jauh lebih bersih, gusi enggak berdarah," kata Dwi dalam acara peluncuran Formula Orthodontic di Jakarta, Senin (14/12/2015).

 

Sikat gigi untuk pengguna behel biasanya dirancang khusus untuk bisa membersihkan sela-sela gigi dan kawat. Jika tidak membersihkan dengan baik, bisa terjadi penumpukan plak di sekitar behel dan lama-kelamaan menyebabkan gigi berlubang. "Pernah ada yang setelah dibuka behelnya, ternyata giginya berlubang," jelas Dwi.

 

(foto: youtube.com)

 

Ada pula sikat kecil, seperti yang digunakan untuk membersihkan botol minuman. Sikat itu berfungsi untuk menjangkau sela gigi yang terhalang kawat gigi. Selain sikat gigi, ada pula pasta gigi khusus untuk pengguna behel.

 

(Baca juga: Shailene Woodley: Insecure Gara-gara Kurus dan Pakai Kawat Gigi)

 

Pasta gigi dengan kandungan khusus

Research and Innovation Manager Pasta Gigi Formula, Pudji Astuti mengatakan, untuk pengguna kawat gigi, perlu pasta gigi yang mengandung bisabolol. Bisabolol berfungsi untuk mencegah radang gusi yang bisa muncul karena pemasangan kawat gigi.

 

Kemudian juga mengandung sodium hyaluronate yang dapat memicu regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan luka, seperti sariawan.

 

"Jadi adanya bisabolol dan sodium hyaluronate efektif untuk mengatasi nyeri dan sariawan yang biasa dialami pengguna kawat gigi," kata Pudji.

 

Dwi melanjutkan, pada pengguna kawat gigi sebaiknya menambah frekuensi menyikat gigi, yaitu minimal dua kali sehari atau setiap kali setelah makan.

 

(Baca juga: Cara Sikat Gigi Yang Salah Sebabkan Gigi Berlubang)

 

(dian/ health.kompas.om)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN