Alasan Kenapa Mandi Setiap Hari Enggak Sehat Untuk Kulit

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 3 Agustus 2015

Alasan Kenapa Mandi Setiap Hari Enggak Sehat Untuk Kulit

Selain membersihkan tubuh, mandi juga menjauhkan diri dari bau badan. Tapi, Dr. Casey Carlos, asisten profesor medis divisi dermatologi di University of California, menyarankan untuk enggak mandi setiap hari. Ini dia alasan kenapa mandi setiap hari itu enggak sehat untuk kulit.

 

(Baca juga: Tips Merawat Kulit Sehat Yang Benar Saat Mandi)

 

Enggak sehat buat kulit

Dr. Casey Carlos mengatakan, mandi setiap hari berdampak kulit tubuh cepat kering, pecah-pecah, dan menyebabkan busik.

 

"Banyak orang nggak menyadari kalau kulit punya kemampuan alamiah untuk membersihkan diri dari kotoran dan bakteri," ujar Dr Carlos.

 

Mandi setiap hari menyebabkan kemampuan kulit tersebut berkurang secara perlahan. Alhasil, kulit cepat kering dan seperti enggak terawat.

 

(Baca juga: 5 Hal yang Wajib Kita Lakukan Waktu Mandi)

 

Untuk negara tropis

Buat orang-orang yang hidup di negara tropis, seperti Indonesia, Dr Carlos menyarankan, jangan mandi terlalu lama. Sebab, kulit yang terlalu sering terpapar air dingin atau hangat, lambat laun akan mengalami dehidrasi.

 

Berendam dalam air hangat dalam kurun waktu sebentar untuk membersihkan tubuh dari kotoran, adalah cara yang ditawarkan oleh Dr Carlos.

 

Selanjutnya, setelah selesai mandi, jangan lupa untuk mengoleskan losion dan jenis pelembab kulit tubuh lainnya secara rutin. Sebab, losion dan pelembab mengandung formula positif dalam menghidrasi kulit tubuh. Dengan demikian, kitaakan terlindungi dari bencana kulit rusak dan pecah-pecah.

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Yang Cewek Lakukan di Kamar Mandi)

 

(lusina/kompas.com, foto: giphy.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN