Agar Foto Pribadi Kita Aman Dari Ancaman Hackers

Published by : Marti Posted on : Minggu, 31 Agustus 2014

Agar Foto Pribadi Kita Aman Dari Ancaman Hackers

Beberapa seleb terkenal seperti Jennifer Lawrence, Ariana Grande, dan Victoria Justice membuat heboh dengan tersebarnya foto telanjang mereka di internet. Kabarnya ini akibat phone hacking di mana seseorang me-hack iCLoud milik seleb ini dan mendapatkan foto pribadi mereka.

 

Enggak hanya seleb, kita pun bisa terancam oleh para hacker ini, lho. Foto-foto yang kita anggap tersimpan aman di handphone atau laptop bisa saja bocor karena ulah hackers. Para hackers ini bisa orang yang kita kenal, bisa juga orang yang sama sekali asing. Cari tahu yuk cara agar kita terhindar dari ancaman hackers ini dan foto-foto pribadi kita tetap aman.

 

(Baca juga: Jangan Bugil Di Depan Kamera)

 

Pick A Strong Password

Hal dasar yang wajib kita lakukan. Enggak hanya sosial media, kita juga sebaiknya memasang password untuk setiap gadget yang digunakan. Hindari password standar yang gampang ditebak dan pilih sesuatu yang tidak lazim sehingga keamanan data pribadi lebih terjaga. Semakin panjang dan semakin ribet password maka semakin baik.

 

Selain itu, hindari menggunakan satu password untuk beberapa akun atau beberapa gadget. Malah, lebih baik lagi jika setiap gadget dan setiap akun punya password berbeda sehingga jika seandainya salah satunya di-hack, pelaku akan kesulitan membobol yang lainnya. Ganti password secara berkala dan rutin, misalnya tiga bulan sekali agar keamanan lebih terjaga.

 

(Baca juga: Foto Telanjang Para Seleb Cewek Hollywood Tersebar Di Dunia Maya)

 

Jaga Data Pribadi

Simpan data pribadi kita baik-baik. Jangan umbar hal tersebut di sosial media. Misalnya nomor handphone, alamat rumah, nomor telepon rumah dan lain-lain. Termasuk hal-hal yang dekat dengan keseharian kita seperti nama hewan peliharaan, nama kecil kita, nama anggota keluarga, kata yang disuka dan lain-lain. Ada kalanya kita menggunakan hal ini sebagai password sehingga hal tersebut juga mudah ditebak.

 

Perhatikan Gadget

Pastikan kita selalu mengawasi gadget yang dimiliki. Termasuk ketika dipinjam orang lain, sekalipun mungkin si peminjam adalah orang yang kita percaya. Pastikan data kita tetap terjaga dengan aman setelah digunakan oleh si peminjam. Jika ingin meminjamkan gadget, kita sendirilah yang membuka passwordnya, jangan memberikan password kepada orang lain.

 

Begitu juga jika kita menggunakan gadget milik orang lain. Pastikan kita sudah log out sebelum mengembalikan kepada yang punya. Hapus juga history kita sehingga tidak meninggalkan jejak apa-apa yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain.

 

Hindari Foto Pancingan

Hindari difoto di tempat atau situasi yang memungkinkan orang lain untuk menyalahgunakan foto tersebut. Misalnya selfie dalam pose seksi, foto dengan pakaian seksi, atau foto dengan pose yang bisa diedit oleh orang lain sehingga bisa merugikan kita.

 

(Baca juga: 3 Alasan Cewek Suka Sexy Selfie)

 

(iif. foto: giphy.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN