9 Trik Biar Enggak Boros Lagi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 21 Februari 2013

9 Trik Biar Enggak Boros Lagi

Mungkin kita sering ya kebingungan gara-gara uang kita mendadak habis atau enggak cukup buat beli baju, sepatu, tas, dan aksesoris yang dipengin. Kalau uterus-terusan gitu, kita enggak akan punya tabungan dong. Makanya mesti pintar-pintar berhemat ya girls.

 

Buat dua akun

Buat dua akun tabungan di bank. Yang satu itu adalah tabungan yang benar-benar enggak boleh kita sentuh.  Enggak peduli sebesar apa keinginan kita buat belanja. Enggak usah bikin ATM dari rekening itu biar enggak tergoda untuk ambil uang atau pakai debit.

 

Titip ke mama

Biar aman, titip buku tabungan dan ATM sama orang yang tegas, misalnya Mama. Minta mereka buat mempersulit dan tanya alasan yang jelas plus tegas kalau kita pengin ambil uang. Ini bisa bikin kita jadi malas buat belanja.

 

Make a list

Biar lebih teratur buat daftar barang-barang yang memang kita butuhkan untuk satu bulan. Tekadkan untuk hanya belanja apa yang ada di daftar. Jangan sampai kita shock di akhir bulan gara-gara uang habis untuk barang-barang yang sebenarnya enggak penting.


Cash only

Jangan dibiasakan memakai kartu debit atau kredit saat belanja, karena pasti asal gesek dan jadi boros. Karena kita enggak berasa mengeluarkan uang. Kalau kita pakai tunai, jadi lebih terasa saat harus mengeluarkan uang banyak, dan bisa jadi ragu atau batal.

 

Harus pas

Saat pergi sekolah atau main, usahakan buat bawa uang secukupnya. Perkirakan apa saja kebutuhan kita, dan cukup lebihkan sedikit buat jaga-jaga.  Kalau banyak uang lebih di dompet, kita akan cenderung boros alias gampang banget ngeluarin uang buat jajan atau beli barang engak penting.

 

Plan something big

Biar ada motivasi lebih  buat nabung, coba bikin rencana dengan tujuan yang besar. Misalnya liburan ke luar negeri atau ke tempat yang butuh uang cukup banyak. Atau bisa juga berencana beli barang yang cukup mahal seperti handphone, tablet atau jam tangan baru.

 

Mingguan saja

Daripada selalu jatuh miskin di akhir bulan karena uangnya habis duluan untuk jajan atau belanja enggak penting, lebih baik minta Mama untuk kasih kita uang jajan mingguan saja. Jadi kalau enggak pegang uang enggak bisa belanja kan?

 

Pakai kacamata kuda

Biar enggak lapar mata, pas jalan-jalan di mall lebih baik langsung 'tutup' mata kita dari semua tanda sale yang ada di toko. Misalnya jalan secepat mungkin atau pakai lift ke tempat yang dituju. Usahakan juga enggak sering jalan-jalan ke mall saat musi sale.


Makan dulu sebelum pergi

Sugesti atau bukan, kita akan cenderung malas belanja kalau perut kenyang. Perut lapar suka bikin kita kalap dan jadi beli barang-barang yang sebenarnya enggak perlu. Jadi sebelum belanja, makan dulu ya!

 

(ruth/aisha, foto: womansday.com)

 

Tags : life money tips

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN