9 Cara Memotivasi Diri

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 27 Maret 2013

9 Cara Memotivasi Diri

Mau belajar malas, mau ikut lomba enggak berani, mau pdkt duluan ke cowok enggak pede karena takut ditolak. Hmm, kalau kaya gini terus bisa-bisa kita enggak pernah bisa apa yang kita pengin girls. Kayanya butuh motivasi tambahan nih. Yuk berusaha untuk memotivasi diri sendiri agar lebih semangat!

 

Buat tujuan

Pikirkan baik-baik apa yang sedang kita pengin capai. Bisa hal besar atau kecil. Enggak usah banyak-banyak dan harus realistis. Misalnya pengin bisa menulis cerpen dan mengirimkannya ke W dan enggak lagi ikutan remedial ulanga matematika semester depan. Tuliskan dengan detail tujuan kita, setidaknya dalam tiga sampai enam bulan ke depan. Dan taruh di tempat yang sering kita lihat.


Tepuk tangan, yuk!

Setiap kali sukses melakukan sesuatu, boleh dong tepuk tangan buat diri sendiri sebagai tanda kalau kita bangga atas diri kita sendiri. Ternyata kalau kita berusaha dan mau ngalah pada ego yang bikin kita takut atau malas, kita bisa lho girls.

 

Bisa..bisa..bisa!

Merasa enggak pede, enggak cantik dan kurang pintar, pasti suka bikin kita drop. Kalau sudah begini coba lakukan self talking kalau kita bisa... bisa... bisa... Lakukan terus menerus hingga menerap di otak kita dan jadi tambah semangat.

 

Lihat teman 'selevel'

Lihat teman yang 'selevel' dengan kita. Kalau dia saja bisa  jadi lebih baik, kenapa kita enggak. Misalnya teman sebangku kita baisanya selalu dapat nilai jelek saat ulangan matematika, tapi suatu hari karen belajar serius, dia dapat nilai sembilan. Harusnya kita juga bisa dong.

 

Dari buku

Banyak banget buku yang memuat berbagai tips buat memotivasi diri. Enggak ada salahnya beli dan membacanya. Siapa tahu tenyata saat kita praktikan ternyata ampuh. Misalnya tips-tips buat pdkt sama kakak kelas ganteng, ternyata berhasil bikin kita jadian sama dia. Wuaahh asik kan!


Biografi orang tekenal

Banyak membaca kisah hidup orang terkenal yang sukses setelah berusaha kerasa dari bawah, bisa banget jadi inspirasi. Banyak cerita hidup mereka mualai dari kegagalan, kebodohan sampai keberhasilan yang bisa dijadikan pelajaran dan memotivasi kita.

 

Contoh Idola

Kita pasti punya idola dong. Idola kita ini pasti punya kisah sukses yang mungkin enggak gampang. Tiru perjalanan sukses dia dan jadikan motivasi. Kalau perlu temple gambar dia di  kamar, jurnal atau dompet kita agar selalu ingat kalau pengin bisa seperti dia dan itu bukan hal yang enggak mungkin dicapai.

 

Happy Ending

Bayangin deh kalau semua usaha kita berhasil dan tujuan kita tercapai. Pasti senang banget. Misalnya masuk ke universitas favorit kita apalagi di sana ada kakak kelas yang dulu jadi gebetan. Wah, pasti makin termotivasi deh.

 

Hadiah buat aku

Enggak ada salahnya menjanjikan diri sendiri hadiah spesial saat sudah berusaha keras dan berhasil menacapai tujuan. Misalnya beli baju atau sepatu baru  gadget baru atau nonton konser idola yang kebetulan datang ke Indonesia sebentar lagi. Apapun hadiahnya, yang penting sekarang usaha dulu biar tecapai ya.

 

(aisha/ lisa, foto. tbajournal.com)

 

 

Tags : motivasi life

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN