8 Kebiasaan Kecil Yang Bikin Bahagia (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 1 September 2014

8 Kebiasaan Kecil Yang Bikin Bahagia (Bagian 1)

Menjadi bahagia itu enggak selalu susah kok, kita bisa mendapatkannya dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa kita lakukan sehari-hari, lho. Ini dia 8 kebiasaan kecil yang bikin bahagia!

 

(Baca juga: Jadi Bahagia Dengan Cara yang Mudah)

 

Melakukan hal bermanfaat di pagi hari

Usahakan bangun lebih pagi agar enggak terburu-buru mandi dan bersiap-siap untuk sekolah. Jadi, punya waktu luang untuk sarapan dan lakukan kegiatan bermanfaat lainnya seperti membaca berita online atau koran, membaca buku, meditasi singkat hingga olahraga ringan. Begitu bangun di pagi hari, baik juga membiasakan diri berpikir

 

"Hari ini pasti akan menyenangkan dan akan ada hal seru yang akan terjadi" atau membaca quote yang memotivasi. Dengan demikian, pikiran dan emosi kita bisa lebih baik dan stabil untuk menjalani hari.

 

 

Merencanakan hari ini

Enggak mesti rencana yang detail, cukup garis besar hal-hal yang ingin kita capai atau lakukan, apalagi kalau lagi banyak banget yang harus dikerjakan. Enggak ada salahnya menuliskan to do list hari itu pada jurnal atau hape. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus pada apa yang harus kita capai dan efisien dalam mengatur waktu.

 

Ini juga bisa mengurangi stres karena kita jadi aham apa yang harus kita lakukan terlebih dulu dan menyelesaikannya satu persatu sehingga terhindar dari rasa khawatir dan terus-terusan memikirkannya sampai stres tapi malah enggak ada yang selesai dikerjakan.

 

(Baca juga: Kalimat Sederhana yang Membuat Seseorang Bahagia)

 

Selalu berterima kasih

Biasakan bilang terima kasih setiap kali ada orang yang membantu atau memberi kita sesuatu. Ini bisa bikin kita sadar kalau banyak orang yang peduli dan sayang sama kita dan bikin orang yang telah memberi kita itu jadi lebih senang. Alhasil, kita akan dapat feedback positif.

 

Sebelum tidur, boleh lho membiasakan bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan hari ini, walaupun cuma hal-hal kecil. Ini bisa bikin persaan kita lebih tenang, senang dan siap menghadapi hari esok tanpa beban.

 

 

Kurangi mengeluh

Mengeluh tentu boleh tapi enggak yang berlebihan dong. Tanpa sadar, kita suka mengeluhkan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa kita tahan. Misalnya soal cuaca, makanan, pelajaran dan lainnya. Coba deh, satu hari aja kita enggak mengeluh atau minimal banget mengeluhnya, pasti mood kita jadi lebih baik dan bahagia karena tingkat stres berkurang.

 

Makin banyak mengeluh, berari makin enggak puas dengan apa yang kita dapat sehingga mengurangi kadar bahagia pada diri kita. Kalau enggak suka pada sesuatu coba ubah atau cari solusi untuk mengindari efek negatifnya. Saat mengeluh, coba berpikir lagi, jangan-jangan sebenarnya itu bisa kita antisipasi, tapi memang kitanya yang malas atau lalai. Hayo!

 

(Baca juga: 8 Kebiasaan Kecil Yang Bikin Bahagia Bagian 2)

 

(aisha, foto: tumblr.com, giphy.com, gifsec.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN