8 Cara Singkat Rileks Dan Bebas Stress

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 24 Juni 2014

8 Cara Singkat Rileks Dan Bebas Stress

Jalanan macet, PR yang menumpuk, teman yang ngeselin, orang tua yang penuh tuntutan bisa membuat hari-hari kita jadi stress. Dari pada marah enggak tanpa hasil dan bikin orang sekeliling ikut bete. Lakukan hal-hal singkat untuk sedikit relaks dan bebas stress.

 

Makan cokelat

1,4 ons makanan manis bisa menenangkan saraf otak. Dark chocolate punya kemampuan untuk menurunkan hormon cortisol yang menyebabkan stress dan menstabilkan metabolisme kita. Jadi kantongi selalu permen manis atau dark chocolate. Ketika menunggu antrian yang panjang, kunyah aja satu batang cokelat. Yummy!

 

Satu sendok madu

Lagi kurang tenaga dan rasanya cape banget.  Tambahkan satu sendok madu pada minuman atau makanan. Kita bisa campurkan madu pada air putih hangat, teh atau susu. Boleh juga taburkan sedikit pada pancake atau sebagai olesan roti.

 

Makan mangga

Mau yang sehat dan menghilangkan stress? Makan aja mangga. Buah ini mengandung linalool yang membantu menurunkan kadar stress.

 

Kunyah permen karet

Permen karet dengan rasa mint atau buah-buah terbukti bisa mengurangi stress. Beberapa menit saja mengunyah permen karet bisa mengurangi kecemasan dan merendahkan kadar stress kita.

 

Rebahkan kepala di bantal

Kita enggak selalu punya waktu untuk tidur siang. Tapi dimana pun berada kita bisa merebahkan sebentar kepala di bantal. Bawa selalu bantal kecil atau bantal yang bisa dilipat dan ditiup dalam perjalanan. Di dalam bis atau kereta kita bisa menggunakannya. Atau saat jam istirahat, letakkan bantal di meja dan rebahkan kepala sebentar. Efeknya pasti menenangkan banget.

 

Menghitung mundur

Suka  lihat film-film kartun dimana si tokoh yang lagi marah menahan amarah dengan berhitung? Kita bisa mengikuti cara ini lho. Ketika sedang stress, tutup mata dan hitung mundur  dengan pelan. Ini secara enggak langsung menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.

 

Bola-bola stress

Kita bisa membeli bola-bola stress atau benda-benda empuk lain yang bisa kita pegang dan diremas. Kalau lagi stress remas bola-bola stress. Cara ini lumayan efektif untuk mengurangi stress dan lelah.

 

Hand Massage

Walau kita buka ahli pijat, kita bisa melakukan hand massage sederhana. Massage sangat membantu menghilangkan stress apalagi kalau kita sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau menggunakan keyboard. Caranya: olesi tangan lotion lalu pijat dengan pelan bagian dibawah jempol tangan kita. Pijatan di bagian ini akan mengurangi stress di daerah bahu, leher dan kepala.

 

(muti, foto: worldleaks.com)

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN