8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah Part 1

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 26 Maret 2014

8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah Part 1

Saat pacaran, godaan buat melakukan hubungan seks sebelum nikah pasti ada. Secara biologis, hal itu wajar karena di masa remaja ini kita sedang mengalami masa puber di mana hormon seksual kita memberikan dorongan seksual pada kita, ditambah lagi adanya rasa penasaran atau pengin mencoba yang tinggi.

 

Meski begitu, bukan berarti hubungan seks sebelum nikah itu jadi sesuatu yang bisa dibenarkan atau dimaklumi girls. Apalagi kalau sampai direkam dan akhirnya menjadi kasus video mesum pelajar yang tersebar luas di internet. Resiko atau kerugian dari melakukan hubungan seks sebelum nikah akann selalu lebih besar dan lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang kita dapatkan.

 

Dalam kasus seperti ini kita sebagai cewek biasanya lebih dirugikan. Terlepas dari alasan agama atau religius, banyak banget alasan kenapa cewek cenderung lebih dirugikan saat dia melakukan hubungan seks sebelum nikah dan kenapa hal ini jadi sesuatu yang enggak boleh kita lakukan.

 

Alasan medis

Belum matang dan belum siap

Usia minimal untuk cewek melakukan hubungan seks adalah 21 tahun, itu pun dengan catatan harus sudah menikah. Karena sebelum umur 21 cewek belum memasuki usia matang di mana organ seksual dan organ reproduksi kita belum siap digunakan untuk melakukan hubngan seks apalagi kalau sampai hamil.

 

Karena organ reproduksinya belum kuat, remaja cewek beresiko tinggai mengalami tekanan darah tinggi. Kondisi ini biasanya enggak terdeteksi secara langsung tapi nanti bisa menyebabkan kejang-kejang, pendarahan bahkan kematian untuk ibu dan bayi. Karena itu, remaja yang Remaja yang hamil beresiko empat kali lipat mengalami luka serius atau meninggal saat melahirkan

 

Kanker servis

Saat remaja, sel telur yang kita miliki belum siap dibuahi sehingga beresiko sangat tinggi terkana virus HPV (Human Papillomavirus) tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks atau kanker mulut rahim. Semakin muda kita melakukan hubungan seks semakin besar resiko terkena virus ini. Penularan virus HPV ini enggak hanya bisa terjadi dari organ intim ke organ intim tapi juga dari oral (mulut) ke organ intim atau pun manual ke organ intim. Jadi penggunaan kondom enggak bisa mencegah penularan virus ini.  Menurut data WHO, Indonesia adalah salah satu negara dengan penderita kanker serviks tertingg di dunia dengan catatan satu orang cewek meninggal akibat kanker serviks setiap jamnya.

 

Penyakit menular seksual dan HIV/AIDS

Selain kanker serviks, Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV/AIDS adalah resiko penyakit bahaya lainnya yang bisa menjangkiti kita jika melakukan hubunga seks sebelum nikah. Mungkin kita cuma pernah melakukan hubungan seks dengan satu cowok alias si pacar, tapi kita enggak pernah bisa memastikan 100% kalau dia enggak pernah melakukan hubunga seks dengan orang lain yang tentu saja bisa bikin kita terkena  PMS atau HIV/AIDS.

 

Aborsi dan kematian

Karena enggak berpikir panjang dan merasa belum siap, banyak remaja yang akhirnya melakukan aborsi. Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), setiap tahun ada 2,5 juta nyawa bayi melayang akibar aborsi. 1-1,5 juta pelakunya adalah cewek usia 15-24 tahun. Kasus ini naik 15% setiap tahunnya.

 

Lalu sekitar 60% dari satu juta kasus aborsi yang ada di Indonesia, dilakukan oleh cewek yang belum menikah, khususnya remaja dan 70-80% -nya adalah unsafe abortion. Melakukan aborsi pada usia rahim yang masih muda bisa menyebabkan kerusakan rahim sehingga kita enggak akan bisa memiliki anak lagi atau bahkan kematian.

 

Selain alasan medis, masih ada alasan psikologi kenapa kita enggak boleh melakukan hubungan seks sebelum nikah. Simak di sini ya.

(aisha, foto: dok. collegelifestyles.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN