7 Tips Bikin Cepat Mengerti Waktu Belajar

Published by : Marti Posted on : Kamis, 12 Desember 2013

7 Tips Bikin Cepat Mengerti Waktu Belajar

Siapa yang sebentar lagi akan menghadapi ujian? Atau justru lagi ujian? Pasti setiap malam kita akan baca ulang materi ujian. Berikut ini ada tips yang bisa bikin kita lebih cepat menyerap informasi pelajaran pada saat belajar. Langsung dicek, yuk!


Ngemut permen

Selama kita kita belajar, coba deh makan permen dengan rasa yang spesifik. Misalnya rasa mint, stroberi, atau jeruk. Ketika ujian, makan permen dengan rasa yang sama seperti ketika kita belajar. Rasa yang sama bisa membantu kita mengingat apa yang kita baca sebelumnya.

 

Semprot parfum

Hampir sama dengan makan permen ketika belajar, kita bisa pake teknik dengan menyemprot minyak wangi ketika belajar ke area sekita kita belajar. Dan ketika ujian, kita tinggal pakai parfum dengan wangi yang sama ke tubuh kita.

 

Cari tahu di internet

Ternyata belajar lewat buku pelajaran aja enggak cukup lho, girls. Kalau memang kita kurang mengerti dengan materi ujian, kita bisa browsing tentang hal tersebut lebih dalam lagi di internet. Tapi gunakan benar-benar buat belajar ya, supaya pikiran kita enggak teralihkan.

 

Bikin jadwal

Saatnya mendisiplinkan diri! Mulai bikin jadwal yang ketat untuk belajar. Ini bukan hal yang sepele, girls. Karena terbukti kalau kita belajar sesuai jadwal, kita bisa mengerti pelajaran lebih baik. Otomatis hasil ujian kita pasti lebih bagus dari biasanya.

 

Catat semuanya

Kalau selama ini kita suka malas mencatat pelajaran yang dikasih sama guru kita, mulai rajin lagi yuk mencatat. Enggak perlu mencatat panjang lebar, tapi singkat dan mudah kita mengerti. Bisa kita bikin per poin atau hias buku catatan kita biar lebih fun. Yang penting, catatan materi kita lengkap.

 

Bicara keras-keras

Ketika kita belajar, usahakan membaca materi dengan suara yang keras. Enggak perlu teriak-teriak, tapi cukup bisa terdengar jelas oleh telinga kita. Hal ini bisa bikin kita mengingat materi lebih baik karena ada efek audio, yaitu mendengar isi pelajara secara langsung.

 

Tidur cukup

Hindari tidur telat atau begadang. Semalam apa pun kita belajar, usahakan tidur dengan cukup. Biarkan tubuh kita punya waktu istirahat sehingga besoknya ketika ujian enggak lemas dan bisa konsentrasi dengan lebih baik. Daaaan...dengan tidur cukup, kita bisa mengingat materi dengan baik lho, girls. Good luck!

 

(audrey, foto: hercampus.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN