7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 23 Desember 2014

7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi (Bagian 2)

Sebagai fakir wi-fi, ke mana pun pergi, kita selalu mencari tempat nongkrong yang menyediakan free wi-fi. Tapi di balik yang gratis itu, ada bahaya yang mengintai. Simak 7 tips aman memakai free wi-fi ini, girls.

 

Bisa ketemu tempat dengan fasilitas free wi-fi memang menyenangkan. Hanya dengan klik, koneksi terhubung dan kita bisa browsing sepuasnya. Karena begitu mudahnya mengklik, kita jadi sembarangan klik dan enggak sadar ada bahaya yang mengintai lewat free wi-fi ini.

 

(Baca juga: 7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi Bagian 1)

 

Waspadai malware dan virus

Salah satu risiko menggunakan free wi-fi di tempat umum adalah virus dan malware (software yang bisa merusak data-data di komputer) yang bertebaran di tempat itu. Lengkapi laptop dan gadget dengan anti virus. Untuk smartphone, kita bisa download beberapa aplikasi clean master yang bisanya juga punya fasilitas anti virus. Selesai kita menggunakan smartphone di tempat free wi-fi, langsung bersihkan dengan aplikasi itu.

 

(Baca juga: Aman mengunduh di internet)

 

Gunakan fasilitas two-factor authentication

Saking banyaknya pembajakan password email dan spam email, beberapa email provider menyediakan fasilitas two-factor authentication. Seseorang yang log in pada akun email enggak hanya memasukkan password tapi juga nomor hape agar lebih aman. Hacker pun akan sulit mencuri password email kita. Kalau kita sering membuka email di tempat dengan free wi-fi, coba, deh, gunakan fasilitas ini.

 

(Baca juga: Password therapy mewujudkan impian dengan password)

 

Gunakan password unik

Penting banget kita punya password yang unik agar enggak mudah kena hack. Hacker paling sering mengincar password di email, online banking, sosial media dan online shopping. Kombinasikan password dengan huruf, angka dan huruf besar. Gunakan password lebih dari delapan huruf. Gantilah password setidaknya sebulan sekali. 

 

Kadang kita mengalami kesulitan menghafal password yang berbeda-beda. sehingga kita cenderung punya password yang sama untuk beberapa akun. Naaah hal seperti ini bahaya banget. Makin gampang hacker mencuri data-data penting kita. Sebaiknya kita punya password yang berbeda-beda untuk satu akun. Kalau ribet bisa juga nama password sama, tapi kombinasi huruf kapital dan angkanya aja yang beda. Misalnya variasi password:  Snoopy, sN00py atau 5no0py.

 

(Baca juga: Tips membuat password yang aman)

 

(muti, foto: fooyoh.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN