7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 23 Desember 2014

7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi (Bagian 1)

Sebagai fakir wi-fi, ke mana pun pergi, kita selalu mencari tempat nongkrong yang menyediakan free wi-fi. Tapi di balik yang gratis itu, ada bahaya yang mengintai. Simak 7 tips aman memakai free wi-fi ini, girls.

 

Bisa ketemu tempat dengan fasilitas free wi-fi memang menyenangkan. Hanya dengan klik, koneksi terhubung dan kita bisa browsing sepuasnya. Karena begitu mudahnya mengklik, kita jadi sembarangan klik dan enggak sadar ada bahaya yang mengintai lewat free wi-fi ini.

 

(Baca juga: 6 cara aman bermain dengan internet)

 

Jangan setting otomatis

Laptop dan smartphone punya fasilitas yang bisa mendeteksi akses free wi-fi, lalu dengan otomatis menghubungkan gadget kita dengan wi-fi terdekat. Ini juga yang membuat kita rawan dari incaran hacker. Hindari setting otomatis ini. Pakai fasilitas yang mengkomfirmasi atau menanyakan dulu apakah kita mau terhubung dengan jaringan itu atau enggak. Lebih baik lagi kita mematikan setting wi-fi kalau  sedang enggak dipakai.

 

(Baca juga: Foto Telanjang Para Seleb Cewek Hollywood Tersebar Di Dunia Maya)

 

Kena hacker

Tempat-tempat publik seperti airport, taman atau mal, sangat rawan dari intaian hacker. Mereka akan dengan mudah mencuri data-data sensitif seperti password email dan password online banking. Waspadalah ketika membuka email atau hal-hal yang membutuhkan password. Biasakan untuk log out dan ganti password secara berkala. Ketika menggunakan laptop, saat muncul pertanyaan apakah mau mengingat password, sebaiknya kita klik 'Never for this network ' Cara ini akan menimalisir password kita di-hack orang lain.

 

(Baca juga: Agar foto pribadi kita aman dari ancaman hackers)

 

Matikan share folder

Hacker paling gampang mencuri data-data yang bisa di-share. Misalnya foto, lagu lewat iTunes atau folder data yang di-setting untuk bisa di-share. Jadi ketika kita menggunakan laptop di tempat umum, matikan semua fasilitas share ini.  

 

(Baca juga: Jangan Bugil Di Depan Kamera)

 

Hati-hati share informasi penting

Ada beberapa free wi-fi yang meminta kita untuk mendaftar secara gratis dengan menyertakan nama dan alamat email. Nah, model seperti ini perlu ekstra hati-hati. Karena sering terjadi, free wi-fi ini hanya tipuan. Setelah kita memasukkan data, wi-fi hanya bisa dipakai beberapa menit setelah itu mati. Sementara itu data dan alamat email kita sudah diambil mereka. Cek dulu ya, gimana fasilitas dan keamanan free wi-fi.

 

(Baca juga: 7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi Bagian 2)

 

(muti, foto: wifflegif.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN