7 Tips Agar Bisa Menulis Puisi Yang Indah

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Kamis, 28 April 2016

sumber: yan.vn

Membuat puisi mungkin bukan atau belum jadi hobi yang terlalu akrab buat kebanyakan remaja, tapi bukan berarti enggak seru dan keren, lho. Kadang tugas membuat puisi suka muncul di mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan sering kali kita bingung mengerjakannya. Atau mungkin ada dari kita yang memang pengin bisa menulis puisi yang bagus tapi bingung gimana caranya. Tenang girls, coba simak 7 tips agar bisa menulis puisi yang indah.

 

Sesuaikan tema dengan pengalaman atau perasaan
Untuk mendapatkan gambaran seperti apa puisi yang bagus atau indah juga tema-temanya, banyak-banyaklah membaca buku kumpulan puisi, baik dari Indonesia atau pun luar negeri. Dengan begitu kita pasti akan banyak terinspirasi dan mendapat ide. Tapi tentunya enggak dijadikan bahan untuk ditiru ya.

 

Setelah itu, mulai tentukan tema puiis yang akan kita tulis, lebih baik kita menyesuaikannya dengan pengalaman atau perasaan kita. Dengan begitu kita akan lebih mudah mendapatkan ide atau inspirasi untuk mengembangkan temanya dan kemudian menentukan cerita atau kata-katanya.  

 

Tema puisi bisa tentang perasan kita baik itu, sedih, marah, kesal, bahagia atau apa pun. Tema pusisi juga bisa berupa peristiwa atau kejadian yang kita alami, pengalaman kita dengan seorang, tempat tertentu yang punya makna khusus bagi kita atau bahkan cerita orang lain yang kita dengar. Yang pasti teman puisi ini lebih baik jangan sesuatu yang kita paksakan atau yang kita enggak tahu sama sekali, karena nanti idenya enggak akan bisa mengalir. Sesuatu yang dipaksakan biasanya enggak akan bisa jadi bagus atau indah, girls. He-he-he….

 

Baca juga: 5 Puisi Klasik Bertema Cinta Paling Romantis

 

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN