7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 13 April 2014

7 Rahasia Belajar Lebih Efektif (Bagian 2)

Duh, sering susah hafal atau menyerap materi kalau lagi belajar nih! Kalau gitu, boleh banget coba beberapa tips ini biar belajar kita lebih efektif.

 

Tes diri sendiri

Setelah belajar, coba tes diri sendiri dengan soal-soal materi yang baru dipelajari. Soalnya hal ini lebih efektif untuk membantu kita mengingat materi yang sudah dipelajari dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang, daripada cuma dengan menghafalnya berulang-ulang.

 

Jangan dipaksakan

Belajar itu bukan proses yang mesti berjalan sempurna. Terkadang saat menghafal atau mengerjakan soal latihan, kita lupa hal yang baru dipelajari. Daripada terus memaksa otak untuk mengingat jawabannya, lebih baik langsung lihat saja jawabannya. Soalnya semakin lama kita menghabiskan waktu buat mengingat jawaban atau materi yang kita lupa, semakin besar kemungkinan otak kita benar-benar melupakan materi itu untuk ke depannya. Dan ada kemungkinan otak kita malah jadi mengingat materi yang salah.

 

Ajarkan pada orang lain

Beberapa pakar pendidikan dan psikolog menemukan fakta kalau mengajarkan materi yang sudah kita pelajar pada orang lain bisa meningkatkan pemahaman dan daya ingat kita tentang memori tersebut. Jadi enggak ada salahnya kalau kita belajar dengan cara mengajarkan materi yang sudah kita kuasai pada teman.

 

Olahraga

Olahraga enggak cuma bikin fisik kita jadi sehat, tapi juga pikiran. Sebelum mulai belajar, olaharaga dulu minimal 15 menit. Bisa saat sedang belajar dengan berhenti sebentar untuk olahraga selama 15 menit. Khususnya kalau pikiran kita sudah merasa mumet. Soalnya memori dan kemampuan otak buat berpikir jernih akan membaik setelah kita melakukan olaharaga minimal selama 15 menit. Olahraga di sini cukup yang ringan seperti jalan cepat atau jogging

 

Baca bagian pertama dengan klik di sini

 

(aisha, foto: hslda.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN